8 Cara Memperbanyak Jumlah Penonton Video YouTube

Beberapa tahun belakangan, situs streaming video terbesar yaitu YouTube semakin ramai digunakan. Tidak hanya untuk menonton video, namun penggunanya menjadi semakin aktif untuk menjadi kreator dengan menyajikan berbagai video mulai dari panduan menggunakan software, video keseharian dan sebagainya.

Keaktifan pengguna YouTube tersebut bukannya tanpa alasan. Sudah bertahun-tahun, YouTube menjadi salah satu platform untuk mendapatkan penghasilan secara online melalui jaringan periklanannya yaitu Google Adsense.

Dan banyak yang sudah membuktikan bahwa penghasilan jutaan Rupiah pun bisa didapatkan dengan mudah ketika sudah diterima untuk bergabung dalam jaringan periklanan tersebut.

Sayangnya, tidak semua pengguna bisa merasakan hal dan penghasilan yang sama sebagaimana yang dibacanya di berbagai media online. Hal ini disebaban karena persyaratan yang harus dipenuhi semakin berat dimana harus memiliki sejumlah subscriber dan juga jumlah jam tayangan video tertentu.
Cara mendapatkan banyak tayangan video di YouTube
Tidak termasuk dengan jumlah tayangan video yang harus banyak mulai dari ribuan hingga jutaan penonton untuk bisa mencairkan penghasilan dari Adsense. Pada tahap ini, maka pengguna dituntut untuk semakin kreatif dalam mengelola akun YouTube-nya agar bisa bersaing dengan akun lainnya dan mendapatkan sejumlah uang yang diimpikan.

Dan jika Anda termasuk salah satu yang menginginkan videonya ditonton oleh banyak orang atau pengguna, maka ikuti beberapa cara dan tips berikut ini.

1. Buat profil YouTube yang profesional

Jika Anda perhatikan, foto profil akun-akun yang terkenal bisa berupa 2 hal. Yang pertama adalah berupa gambar logo dan yang kedua adalah foto pengguna itu sendiri. Silahkan pilih salah satu dan jangan biarkan foto profil Anda kosong sama sekali karena hal itu bisa membantu meningkatkan kepercayaan penonton terhadap saluran yang Anda bangun.

Hal yang sama juga perlu dilakukan pada gambar cover dari channel YouTube yang Anda buat.

Semakin profesional profil akun yang Anda buat, disadari atau tidak, akan ada pengguna yang membuka dan memperhatikannya serta hal itu bisa membangkitkan kepercayaan mereka bahwa saluran tersebut memang dibuat dan dikelola secara serius.

Jika Anda belum melakukannya, akan lebih baik untuk memulainya dari sekarang.

2. Upload video secara rutin

Para selebriti dan YouTuber profesional lainnya bahkan memiliki jadwal upload konten mereka sendiri dan ada juga yang melakukannya secara acak.

Dan apapun yang akan Anda lakukan terkait hal tersebut, kedua-duanya tidak masalah sepanjang Anda tetap melakukan update secara rutin.

Tidak peduli apakah akan ada yang menontonnya atau tidak, hal tersebut harus tetap dilakukan agar suatu saat nanti jika salah satu video di saluran YouTube-mu ditonton oleh ribuan orang, maka besar kemungkinan bahwa video lainnya bahkan yang sudah lama sekalipun akan dibuka dan mulai ditonton.

Hal tersebut juga berguna untuk menginformasikan ke pemirsa bahwa saluran tersebut memang benar-benar aktif dengan tetap menyajikan konten video secara rutin (sering). Dari sana, Anda mungkin juga akan mulai memiliki penggemar yang dengan setia menunggu unggahan video Anda selanjutnya.

3. Optimasi judul, deskripsi dan tag pada setiap video yang diunggah

Kita tahu bersama bahwa judul pada video di YouTube tak ubahnya judul pada sebuah tulisan. Keberadaannya merepresentasikan isi video itu sendiri dan bahkan bisa merangsang penonton untuk melakukan klik pada video dengan judul tertentu dan mengesampingkan yang lainnya.

Bahkan, sudah bukan hal yang baru lagi bahwa untuk video yang isinya kadang persis sama, judulnya bisa berbeda-beda. Coba saja lakukan pencarian video di YouTube menggunakan kata kunci apapun, maka Anda pasti sering menemukan banyak hasil pencarian yang isi videonya sama namun judulnya berbeda.

Begitu juga dengan deskripsi yang juga merupakan salah satu fitur agar akun dan setiap video yang Anda upload bisa teroptimasi dengan baik. Akan lebih baik mengisinya dengan puluhan atau bahkan ratusan kata atau lebih agar semakin mudah untuk bersaing dengan video lainnya.

Dan jangan lupa juga untuk memasukkan tag yang relevan dengan video yang Anda upload karena semua hal tersebut bisa sangat membantu untuk memudahkan video Anda ditemukan pengguna lain dan direkomendasikan oleh YouTube.

Manfaat lainnya adalah, dengan melakukan optimasi pada judul, deskripsi dan juga tag tersebut, video yang Anda upload kemungkinan akan bersaing juga di hasil pencarian mesin pencari seperti YouTube, Bing dan seterusnya. Pernahkan cari informasi di Google dan hasil yang ditampilkan salah satunya atau beberapa diantaranya adalah video dari YouTube?

Optimasi tersebut kemudian dikenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimization) dimana video Anda akan semakin mudah ditemukan oleh pengguna dan bersaing dengan yang lainnya. Jika Anda bisa menguasai SEO, terkadang video artis bisa tidak bermakna apa-apa.

Untuk membantu Anda dalam hal tersebut, pelajari juga mengenai cara mencari dan menemukan kata kunci yang tepat untuk digunakan di judul, deskripsi dan tag video.

4. Bagikan video Anda di media sosial (Twitter, Facebook, Instagram, dan sebagainya)

Cara untuk mendapatkan banyak penonton untuk video YouTube Anda, jangan hanya upload dan membiarkan video tersebut ditemukan oleh pengguna. Namun, Anda juga harus berusaha untuk bisa "menjemput bola" atau mendatangi langsung calon penonton.

Salah satunya adalah dengan membagikan video YouTube tersebut di Facebook, Twitter, Instagram dan seterusnya.

Jika Anda aktif di Facebook bahkan hingga berjam-jam lamanya setiap hari, manfaatkan juga untuk mempromosikan video saluran YouTube yang Anda bangun. Kan sayang, kehabisan kuota tapi tidak ada satupun pengunjung yang menonton video.

Hal ini juga dimaksudkan bahwa teman-teman Anda dan keluarga di media sosial bisa tahu mengenai apa yang sedang Anda kerjakan. Dan biasanya, jika mereka disuruh untuk subscribe, maka kebanyakan akan melakukannya dengan mudah dan ikhlas. Bahkan tanpa disuruh pun.

5. Ajak penonton video untuk Subscribe, Share, atau apapun yang Anda inginkan

Coba lihat akun video YouTuber terkenal di Indonesia dan seluruh dunia. Rata-rata, pembuka dan juga penutup video YouTube adalah ajakan baik dalam bentuk untuk subscribe, komentar, share, mengaktifkan notifikasi saluran YouTube dan sebagainya.

Hal ini bisa juga Anda lakukan agar bisa mendapatkan banyak penonton karena semakin lama, jumlah subsriber dan yang membagikan video YouTube Anda akan semakin banyak. Metode ini juga merupakan cara "paling halus" untuk menyuruh pengguna lainnya membantu pengembangan saluran YouTube Anda kedepannya.

Jangan pandang remeh hal ini! Atta Halilintar saja yang sudah se-terkenal itu masih melakukan hal ini. Apalagi Anda yang tidak dikenal sama sekali. Hukumnya wajib kali, ya?

6. Manfaatkan berita viral yang sedang dicari banyak orang

Jika Anda punya situs andalan yang sering dikunjungi, perhatikan topik apa yang populer disana. Bisa juga dengan memanfaatkan Google Trends untuk melihat trending topics yang sedang hangat-hantanya dibawas oleh netizen.

Topik yang sedang viral seperti ini memang biasanya cepat basi. Biasanya mingguan atau bulanan tidak banyak lagi yang mencarinya.

Misalnya jika saat ini orang sedang ramai-ramai membicarakan kesamaan lagu A dan B, maka Anda juga bisa memberikan pendapat sendiri mengenai hal tersebut dan unggah di saluran YouTube yang sudah dibuat.

Meskipun bukanlah topik yang bisa dicari secara terus-menerus, topik seperti ini seringkali memiliki tingkat pencarian yang tinggi dan juga jumlah persaingannya yang cukup rendah. Istilahnya, Anda masih bisa bersainglah.

Menariknya, terkadang dari 1 video saja Anda bisa mendapatkan banyak penonton YouTube dalam waktu yang singkat.

Video dengan tema seperti itu yang nantinya bisa "mengangkat" popularitas video Anda yang lainnya karena ada kemungkinan bahwa pengguna juga akan menonton video lain dari saluran YouTube yang sama.

7. Berkomentar yang lucu di akun video pengguna lain

Seringkali, saya mendapati diri saya sendiri membuka video di YouTube hanya untuk melihat apa tanggapan orang lain terhadap topik tertentu. Bahkan tidak jarang, videonya sendiri tidak saya hiraukan.

Seringkali juga, ketika membaca komentar tersebut, saya mendapati diri saya menikmati komentar pengguna lain dan memberikan like serta mengunjungi akunnya dan menonton video yang dimilikinya jika memang ada.

Dan saya yakin, bahwa perilaku saya menggunakan YouTube tersebut juga sama dengan beberapa atau banyak pengguna lainnya. Dan jika memang itu benar, Anda juga harus melakukan hal yang sama karena itu juga merupakan salah satu cara agar video Anda semakin banyak penontonnya atau jumlah tayangannya.

8. Konsisten dan persisten

YouTube bukanlah platform yang menjanjikan penghasilan yang banyak dalam semalam. Karena itu, Anda harus melakukan semua hal diatas secara terus-menerus hingga tujuan yang Anda targetkan bisa tercapai. Dan mau tidak mau, sabar dan tabah juga adalah hal yang harus Anda lakukan.

Jangan berharap pada sesuatu yang sifatnya instan kecuali jika Anda sedang memasak IndoMie tanpa harus memiliki keahlian dan pengalaman menjadi chef.

Semua butuh waktu dan proses dimana hasil yang didapatkan setiap orang bisa berbeda-beda. Dan tentunya, jangan juga lupa berdoa sebelum dan setelah videonya sudah Anda upload ke YouTube.

Semoga bermanfaat. Silahkan bagikan postingan ini ke teman-teman YouTuber Anda yang masih kebingungan bagaimana caranya mendapatkan banyak tayangan video di YouTube.


EmoticonEmoticon