Cara Mengatur Jadwal Kirim Pesan di Gmail

Jika Anda pernah dalam satu waktu harus mengirim pesan elektronik (email) ke banyak kontak yang sudah ditentukan jadwalnya dan harus menggunakan Gmail, maka fitur untuk kebutuhan tersebut sudah tersedia.

Syarat untuk melakukannya hanya 1, yaitu Anda minimal menyertakan 1 alamat email tujuan.

Fitur ini bisa sangat berguna bagi Anda yang memiliki banyak klien atau konsumen dari produk bisnis yang ditawarkan.

Misalnya dalam waktu dekat, akan ada promo yang berlangsung dan tentu saja Anda akan berpikir bahwa konsumen sebelumnya juga butuh untuk mengetahui informasi tersebut, bukan?

Cara mengatur jadwal kirim email di Gmail

Jika ingin menginformasikannya lewat email terutama menggunakan Gmail, maka hanya dalam waktu beberapa menit, Anda sudah bisa melakukan pengaturan jadwal pengiriman pesan sesuai dengan tanggal dan juga waktu atau jam pengiriman.

Cara mengatur jadwal pengiriman pesan di Gmail

Tahapan pertama untuk mengatur jadwal pengiriman pesan yang harus Anda lakukan adalah menekan tombol Compose (Tulis) seperti biasanya ketika akan mulai menulis pesan email.

Pada jendela pengiriman pesan tersebut, jika alamat email, subjek, isi pesan beserta lampiran (jika diperlukan) sudah selesai Anda kerjakan, maka klik pada ikon Tanda Panah Drop-Down yang berada tepat disamping tombol Send (Kirim) lalu pilih Schedule Send (Jadwalkan Pengiriman).

Tahapan mengatur email terjadwal di Gmail

Setelah itu, pilih kapan Anda akan menjadwalkan pengiriman pesan email tersebut dengan memilih atau menentukan hari/tanggal, bulan dan tahun beserta waktu lain (jam dan menit) pengiriman pesan yang dimaksudkan.

Cara menentukan tanggal dan waktu pengiriman email terjadwal di Gmail

Jika sudah, langsung klik pada Schedule Send untuk memulai proses pengiriman pesan Gmail yang baru saja Anda atur jadwalnya.

Untuk melihat apakah email yang telah diatur jadwalnya tersebut sudah dalam proses pengiriman, perhatikan panel Scheduled (Terjadwal) pada akun Gmail Anda yang lokasinya berada pada bagian bawah Inbox (Pesan Masuk).

Cara mengakses pesan terjadwal di Gmail

Pada gambar diatas, terlihat bahwa pesan terjadwal yang saya contohkan sudah masuk dalam antrian pengiriman pesan yang sudah saya atur waktu pengirimannya seperti yang saya informasikan diatas.

Baca juga: 22 Email Alternatif Selain Gmail yang Bisa Anda Gunakan

Sebagai catatan, jika email tersebut dibatalkan, maka akan secara otomatis masuk ke panel Draft. Dan, jika Anda mengirimkan pesan terjadwal Gmail seperti diatas baik menggunakan Android, PC/Laptop, maupun iPhone dan iPad, maka Anda hanya bisa mengirimkan 100 email terjadwal saja.

Lebih dari itu, maka Anda harus mengulangi lagi prosesnya dari awal.

Terdapat pula 2 hal lain yang juga perlu Anda perhatikan dalam mengirimkan email terjadwal seperti contoh diatas yaitu:

  1. Cek kembali semua informasi pesan yang akan dikirimkan untuk menghindari kesalahan yang tidak diperlukan. Apalagi pesan yang terait dengan bisnis yang Anda jalankan. Hal-hal yang perlu diperiksa kembali adalah subjek pesan, informasi dalam pesan itu sendiri, serta ketersediaan lampiran yang sesuai.
  2. Tentukan waktu (jam dan menit) pengiriman pesan dengan baik karena Indonesia sendiri dibagi dalam 3 zona waktu. Hal ini dimaksudkan agar pesan email yang dikirimkan sesuai dengan waktu yang sudah Anda rencanakan.

Bagaimana, mudah bukan?

Untuk penggunaan secara pribadi maupun kepentingan bisnis atau karir, pengaturan jadwal pengiriman pesan email menggunakan Gmail ini bisa sangat membantu untuk mencegah Anda lupa dalam mengirimkan pesan penting sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan baik oleh Anda sendiri maupun pihak lain yang menjadi afiliasi kehidupan profesional Anda.

Jika sudah tahu caranya, Anda tidak boleh beralasan lagi bahwa Anda lupa untuk mengirimkan emailnya ya.


EmoticonEmoticon