Cara Menghasilkan Uang Bagi yang Hobi Jalan-Jalan

Perjalanan wisata erat kaitannya dengan kegiatan mengeluarkan uang yang cukup banyak. Bahkan nilai jutaan rupiah sudah bukan lagi hal yang asing bagi banyak pecinta dunia jalan-jalan. Dan tahukah Anda bahwa sambil travelling, Anda juga bisa tetap menghasilkan uang dengan berbagai cara yang bisa dilakukan?

Cara yang terbukti bisa mendapatkan uang bagi wisatawan

Ukuran mudah tidaknya mendapatkan penghasilan dari kegiatan wisata itu relatif. Beda orang, beda rejeki karena usaha dan kemampuan masing-masing tentu juga berbeda. Namun yang bisa saya pastikan, peluang untuk itu ada dan bisa bagi siapapun untuk melakukannya. Asal mau saja untuk berusaha.

Beberapa cara yang sudah terbukti bisa menghasilkan uang dari kegiatan berwisata

Kalau kita mau hitung-hitungan, peluang penghasilan dari kegiatan traveling itu sangat banyak sekali yang bernilai bisnis. Dan untuk memulainya, Anda tidak harus memiliki dana yang besar apalagi harus memiliki hotel.

Bahkan, modalnya terkadang sudah Anda miliki. Hanya saja, Anda sendiri mungkin belum menyadarinya.

1. Memanfaatkan followers media sosial yang banyak

Tidak perlu berpikir jauh-jauh, media sosial seperti halaman Facebook, akun Instagram pribadi hingga Twitter bisa menjadi sumber penghasilan bagi Anda yang memiliki penggemar atau pengikut hingga ribuan bahkan lebih.

Dulu, di Twitter sangat terkena dengan yang namanya buzzer dimana pemilik akun dengan jumlah pengikut tertentu biasanya akan diberikan kompensasi dalam banyak bentuk yang salah satunya adalah sejumlah uang jika berminta untuk nge-tweet apapun permintaan klien.

Saat ini, mungkin secara lebih umum dikenal dengan istilah Influencer Social Media dimana banyak akun yang aktif dan memiliki banyak follower akan berkesempatan untuk ditawari kerjasama dalam bentuk postingan konten di akun media sosialnya.
Menghasilkan uang dari traveling menggunakan media sosial dengan banyak pengikut
Yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana akun media sosial Anda aktif mendapatkan interaksi dari pengikut dan juga jumlah pengikutnya yang banyak.

Ronaldo saja sekali posting di Instagram bisa milyaran. Mungkin Anda belum bisa se-mahal itu, tapi jika bisa mendapatkan uang 50 ribu saja sekali posting, saya kira itu bisa saja lebih baik.

Untuk bisnis pariwisata sendiri, kehadiran influencer ini sangat penting untuk menjangkau lebih banyak pemirsa di media sosial.

Jika Anda tidak pernah ditawari kerjasama dalam bentuk seperti itu, coba saja untuk menghubungi pelaku bisnis pariwisata secara langsung dan menawarkan jasa Anda sendiri dengan memanfaatkan media sosial. Apalagi jika Anda sendiri sebagai seorang wisatawan, saya kira unggahanmu akan semakin terpercaya karena hal itu yang sering Anda lakukan.

2. Foto jalan-jalanmu jangan hanya dikoleksi saja! Coba mulai dijual secara online

Menjual foto jalan-jalan secara online untuk mendapatkan uang
Sulit rasanya jika berwisata dengan mengeluarkan banyak uang dan juga sudah membawa kamera yang segala rupa, namun hasil foto-fotonya hanya untuk dikoleksi atau sekedar sebagai pemanis lini masa di Instagram Anda.

Disisi lain, foto bisa menjadi aset yang berharga untuk dikomersilkan dengan cara dijual secara online.

Bagi seorang wisatawan, salah satu hobi yang cukup sering ditekuninya juga adalah fotografi diikuti dengan rekaman video dan berbagai kegiatan tersebut seolah sulit untuk tidak dilakukan secara bersamaan.

Mendapatkan uang dari hobi fotografi dengan cara menjualnya secara online pun sudah bukan lagi hal yang baru. Telah ada sejak bertahun-tahun yang lalu hingga banyak yang menjadikannya sebagai sumber penghasilan sampingan bahkan yang utama.

Karena tidak menutup kemungkinan, tangkapan kamera yang Anda hasilkan ketika berwisata ke suatu destinasi adalah apa yang dibutuhkan oleh para pembeli.

3. Membuat ulasan bisnis wisata tertentu di blog

Jika Anda hobi menulis dan berbagi banyak hal termasuk dalam topik pariwisata atau yang berkaitan dengannya, tawaran penghasilan bisa datang dari pelaku bisnis dengan memanfaatkan portal blog yang Anda miliki.
Mendapatkan penghasilan dari blog dengan mempublikasikan ulasan bisnis wisata
Kegiatan ngeblog dengan mengulas suatu bisnis seperti ini juga menjadi salah satu jawaban dari pertanyaan mengenai dari mana sumber penghasilan seorang blogger?

Jika blog Anda memiliki banyak pengunjung bahkan mungkin sering direkomendasikan oleh banyak pembaca dengan sering membagikan tulisanmu di media sosial, maka bisa saja hal itu akan sampai juga pada para pemilik bisnis wisata untuk turut memanfaatkan media yang sama dengan mengulas bisnis mereka.

Misalnya bisa saja akan ada pengelola hotel atau situs reservasi online seperti Traveloka dan PegiPegi mau menghubungi Anda dan menawarkan kerjasama penempatan dan publikasi konten tentang bisnis mereka di blog yang Anda kelola.

Sistem kerjasama bisnis seperti ini seringkali disebut sebagai Content Placement dan Paid per Post atau Paid per Review (Dibayar per postingan atau per-ulasan) yang Anda publikasikan di blog.

Semakin banyak pengunjung situsmu, semakin besar peluang Anda untuk bernegosiasi dengan tingkat rate (harga) yang lebih besar. Bisa-bisa modal jalan-jalanmu akan kembali dengan mudah dengan mengikuti cara ini.

Ingin tahu lebih banyak mengenai bagaimana cara menghasilkan uang dari hobi jalan-jalan Anda atau salah satu dan bahkan semua cara diatas sudah pernah Anda lakukan semuanya? Bagikan artikel ini agar semakin banyak yang tahu dan mungkin bisa membantu mereka yang lagi kebingungan.


EmoticonEmoticon