Cara Online Melaporkan Masalah Lingkungan ke Pemerintah

Ada kalanya, kita menemukan permasalahan lingkungan baik di lingkungan tempat kita tinggal maupun ketika berkendara dan melihat limbah yang mungkin dibuang sembarang atau sampah yang menumpuk secara tak wajar di tempat yang seharusnya. Dan kadang melaporkannya secara langsung di kantor desa atau camat bahkan dinas terkait mungkin sedikit merepotkan karena jaraknya yang jauh atau kamu mungkin sedang berkendara ke tempat lain.

Tapi untuk saat ini, hal itu bukan lagi masalah. Tidak mengapa kamu hendak kemana, dengan layanan pelaporan online, kamu sudah bisa melakukannya.

Cara yang pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengakses situs dinas terkait terutama Dinas Lingkungan Hidup di Kota atau Kabupaten kamu berada. Dari sana, kemungkinan di portal online tersebut sudah disediakan sistem pelaporan yang kamu butuhkan.

Jika kamu ragu bahwa pesan atau laporan yang akan kamu kirimkan tidak akan ditindaklanjuti atau kelamaan, kamu juga bisa memeriksa tautan media sosial dinas atau pemerintah terkait yang dipublikasikan di situs tersebut.

Jika ada halaman Facebook atau Twitternya, kamu bisa langsung menuju kesana dan menginformasikan tentang permasalahan lingkungan apa yang kamu temukan di lapangan. Sangat disarankan jika menggunakan media sosial, kamu juga memotret atau merekam video tentang persoalan lingkungan tersebut agar bisa menjadi bukti dan bukan fitnah.

Kemudian, silahkan untuk mention pihak terkait permasalahan lingkungan tersebut.

Cara lainnya yang terbilang yang baru tahu adalah dengan mengakses situs Lapor.go.id.

Cara melaporkan online permasalahan lingkungan ke pemerintah

Rupa-rupanya, nama situs yang merupakan inisiasi dari Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) tersebut merupakan singkatan dari Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat - LAPOR.

Situs tersebut terintegrasi dengan dengan 81 Kementerian/Lembaga, 5 Pemerintah Daerah, serta 44 BUMN yang ada di Indonesia.

Tidak main-main, prestasi akan adanya sistem layanan pelaporan online ini bahkan pernah menjadi salah satu inisiatif terbaik dunia yang dipresentasikan dalam ajang Open Government Partnership Summit di London pada tahun 2013 yang lalu.

Baca juga: Urutan Berapa Indonesia Menyumbang Sampah Plastik Dunia?

Dan dari banyaknya bentuk dan jenis laporan yang sudah ada, salah satu diantaranya yang bisa kamu cari informasinya adalah mengenai laporan tentang pencemaran lingkungan atau hal yang terkait dengan itu.

Bahkan, jika bingung mau mengirimkan laporannya seperti apa atau menggunakan bahasa yang bagaimana, lihat saja laporan yang sudah ada karena banyak diantaranya yang masih dipublikasikan dengan baik.

Situs tersebut juga memiliki beberapa tautan ke media sosial yang bisa kamu gunakan untuk berinteraksi secara online.

Untuk pendaftarannya sendiri, saat tulisan ini dibuat, kamu bisa mendaftar menggunakan akun Facebook, Twitter maupun mengisi formulir yang telah disediakan agar bisa memberikan laporan yang kamu anggap perlu untuk diketahui pihak pemerintah.

Jika ingin melapor secara rahasia dimana kamu tidak ingin mempublikasikan data pribadi kamu, sistem tersebut juga memungkinkan bahkan untuk menjadi seorang anonim. Tapi jangan dimanfaatkan untuk hal-hal yang menjerumus ke fitnah ya.

Karena itu akan lebih baik bagi kita semua untuk lebih sensitif lagi memilah persoalan yang kita temui. Dan tentunya siapkan buktinya kalau ada untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Oh ya, saya kira hal ini juga patut dicoba dan mungkin bisa dianggap sebagai cara berbuat baik dengan memanfaatkan internet. Karena dari laporan yang akan kamu kirimkan, bisa saja menyelesaikan persoalan masyarakat jika nantinya akan ditindaklanjuti.

Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melaporkan pencemaran lingkungan maupun hal lainnya ke pemerintah. Semoga dengan itu, lingkungan kita bisa tetap terjaga dengan baik dan kondisi pembangunan yang ada di Indonesia tetap dalam keadaan yang seimbang.


EmoticonEmoticon