Ciri-Ciri Ban Motor Harus Segera Diganti

Kenyamanan dan keamanan pengendara motor sangatlah penting untuk diutamakan dimanapun. Dan kedua hal tersebut salah satunya dipengaruhi oleh kondisi ban motor yang sering digunakan. Bahkan, jika Anda sering meminjam kendaraan teman atau keluarga, baiknya cek dulu kondisi ban kendaraan tersebut agar perjalanan yang akan Anda lakukan lancar sesuai yang diharapkan.

Seringkali, kita menemukan bahwa kondisi ban motor bisa gundul atau botak baik secara merata maupun gundul sebelah akibat dari aus atau gesekan dari permukaan ban dengan permukaan jalan secara terus-menerus.
Waktu yang tepat untuk mengganti ban motor
Semakin sering digunakan, semakin mudah bagi ban kendaraan mengalami kerusakan hingga harus diganti. Apalagi jika pengendaranya adalah penggemar metode berkendara dengan cara rem mendadak, maka ban bisa cepat mudah rusak.

Tanda-tanda ban motor Anda harus diganti secepatnya

Pentingnya kondisi ban motor dalam keadaan yang baik ini, maka Anda sudah harus mulai melakukan pemeriksaan atau mengeceknya kembali karena bisa mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya.

Tahu sendiri kan kalau ban motor yang botak itu terkadang bisa lebih mudah tergelincir pada permukaan jalan berpasir maupun basah dan licin?! Apalagi jika sering berkendara dengan kecepatan cepat dan ngerem mendadak, maka dikhawatirkan bisa terjadi apa-apa.

Oleh karena itu, akan lebih baik bagi Anda untuk tahu seperti apa sih ciri-ciri ban motor yang sudah harus diganti itu?

1. Cek kembangan/ulir/pola pada ban motor

Sudah tahu kan pasti kalau ban itu biasanya tidak monoton desainnya? Biasanya akan Anda dapati terdapat pola berupa sayatan pada ban motor dan itu bukan hanya untuk gaya-gayaan saja. Ada fungsinya yang penting untuk Anda ketahui.

Salah satunya adalah untuk memaksimalkan cengkeraman ban pada permukaan jalan baik di musim panas maupun hujan. Semakin bagus cengkeraman tersebut, semakin baik. Karena itu, renggangan dan desain ulir atau kembangan ban tersebut tidak sembarangan. Harus pas.

Pola ban tersebut juga berguna untuk memecah air genangan pada musin hujan agar semakin meningkatkan keamanan pengendaranya.

Itulah sebabnya jika ban sudah mulai gundul dan Anda mengendarai motor pada permukaan berpasir atau saat turun hujan, maka biasanya Anda akan semakin hati-hati untuk tidak terpeleset di jalan kan?

Jika kembangan ban motor Anda sudah mulai hilang, apalagi mulai terlihat merata dengan bagian ban yang tidak memiliki kembangan, maka sangat disarankan untuk menggantinya dengan ban yang baru.

2. Terdapat benjolan pada ban sehingga tampak tidak merata

Kita biasanya melihat ban sebagai sebuah benda yang bulat, tidak hanya tampak samping, namun jiga jika dilihat dari depan karena bentuknya yang melengkung. Namun, seiring waktu, terkadang saking hematnya Anda untuk tidak mengganti ban motor, biasanya akan muncul benjolan yang membuat ban tersebut tidak merata sebagaimana biasanya.

Dan ketika digunakan pun, meskipun di jalanan yang super rata sekalipun, Anda mungkin merasa ada yang tidak beres karena berkendara sambil bergoyang-goyang. Acara joget kali ah.

Kalau sudah seperti itu, ban tersebut seolah ingin mengatakan bahwa "Saya sudah tidak layak pakai lagi, silahkan diganti secepatnya wahai pemilik motor yang super hemat!"

3. Sepeda motor telah menempuh jarak hingga 30.000 km

Tanda atau ciri selanjutnya adalah kondisi ideal lain dimana Anda sudah mulai harus menguras isi dompet untuk membeli ban baru. Dilansir dari planetban.com, jarak 30.000 tersebut adalah batas ideal untuk jarak tempuh yang sudah motor Anda jelajahi.

Dan jika jarak tempuhnya sudah mencapai puluhan ribu km tersebut, silahkan untuk mencari tukang tambal ban profesional terdekat. Eh maksudnya bengkel, dink. Berapa kali Anda ganti ban hari ini? #IniBanApaYakult?


EmoticonEmoticon