Dari Mana Sumber Penghasilan Blogger? Bisa Kaya Kah?

Salah satu pekerjaan yang bisa menghasilkan uang bahkan membuat pekerjanya kaya raya adalah dengan menjadi seorang blogger. Syarat untuk memulainya adalah dengan memiliki dan mengelola sebuah blog dengan baik dan benar. Tapi, beneran nih bisa kaya? Ayo cari tahu bagaimana mereka bisa melakukannya disini!

Sebuah blog biasanya identik dengan situs pribadi seseorang yang menyajikan berbagai macam topik maupun hanya fokus pada salah satu topik yang menarik baginya di internet.

Menjadi seorang blogger biasanya juga sangat berhubungan dengan kegiatan tulis-menulis dimana artikel adalah bagian penting dari blog itu sendiri.

Bagaimana blogger mendapatkan penghasilan online?

Pada perkembangannya hingga saat ini, kegiatan mempublikasikan konten tersebut akhirnya sudah lama bisa diuangkan dan bukan lagi hal yang mustahil bahwa bekerja dengan menjadi seorang blogger bisa sangat menguntungkan dan sebagai salah satu atau bahkan sumber penghasilan yang utama.

Begini deh. Situs berita online saja butuh wartawan untuk menulis kan? Anda pun bisa melakukannya langsung melalui blog Anda sendiri.

Jika Anda tertarik menjadi seorang blogger dan mulai menulis konten apapun, bahkan konten keseharian dalam kehidupan Anda, ketahui beberapa sumber penghasilan blogger dibawah ini agar Anda sendiri semakin yakin bahwa pekerjaan ini bukanlah sesuatu yang main-main jika dijalani secara serius.

1. Bergabung di jaringan periklanan

Sumber penghasilan yang pertama yang bisa Anda peroleh dari blog Anda adalah dengan bergabung di salah satu atau beberapa jaringan periklanan online. Yang paling terkenal adalah jaringan periklanan Google Adsense untuk me-monetisasi (menguangkan) kegiatan blog.
Baca juga: Pengalaman Lolos Review Site Google Adsense Tanpa Trik
Akun Google Adsense sendiri terbagi dua berdasarkan konten dari platform yang digunakan. Jika ingin fokus menghasilkan uang lewat video, maka platform yang digunakan adalah YouTube.

Namun jika tertarik untuk berkembang di dunia menulis sambil mendapatkan uang maka Anda perlu untuk membuat sebuah situs atau blog.

Tinggal pilih saja mana yang lebih Anda sukai dan yang menurutmu lebih menjanjikan.

Namun, jaringan periklanan tidak hanya itu saja. Ada begitu banyak media online yang juga bisa menjadi alternatif yang bisa Anda pilih apalagi jika pengajuan pendaftaran Adsense Anda ditolak.

2. Menawarkan ruang iklan secara mandiri

Jika blog Anda sudah memiliki cukup banyak pengunjung, selain menampilkan iklan dari jaringan periklanan yang diikuti, Anda juga bisa menyediakan slot atau ruang iklan di blog kepada orang lain.

Bisa menawarkannya ke bisnis tertentu, ke tokoh masyarakat, ke caleg dan sebagainya.

Jadi yang bisa Anda lakukan adalah mencari siapa saja yang prospektif untuk memasang iklan di blog Anda.

Jangan anggap remeh hal ini karena meskipun banyak pebisnis yang juga beriklan di Google atau jaringan lainnya, masih banyak juga kok yang mau memasangnya langsung secara mandiri di situs orang lain yang dianggapnya menarik.

Sumber penghasilan yang kedua ini biasanya berbatas waktu misalnya dengan menampilkan iklan hanya seminggu atau sebulan saja. Tergantung hasil negosiasi dengan klien.

3. Menyediakan jasa review

Semakin banyak suatu bisnis diulas online secara positif, biasanya juga akan membantu perkembangan bisnis itu sendiri. Bahkan, kegiatan ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang sering digunakan terutama bagi pebisnis online yang kemudian disebut sebagai Content Marketing atau memasarkan suatu bisnis lewat konten.
Rekomendasi: Cara Memperbanyak Jumlah Penonton Video YouTube
Harga jasa review sendiri biasanya juga mengharuskan seorang blogger untuk memasukkan link menuju situs yang sedang diulas sebagai bagian dari bagaimana sebuah situs dioptimasi agar bisa masuk halaman 1 Google atau mesin pencari lainnya.

1 Artikel bisa berharga puluhan ribu hingga ratusan dan bahkan jutaan. Tergantung seberapa populer blogger tersebut atau seberapa baik kondisi blog yang akan digunakan untuk mempublikasikan konten.

4. Bergabung di beberapa program afiliasi

Seiring waktu, dengan semakin banyaknya pengunjung blog Anda, Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan uang dengan mempromosikan bisnis lainnya yang membuka peluang afiliasi. Biasanya, Anda akan memiliki jenis link tertentu untuk memasarkan produk atau jasa secara online yang berbeda dengan link blogger lainnya.

Jika misalanya ada yang melakukan pembelian di situs bisnis tertentu dan pembeli tersebut datang lewat link yang Anda publikasikan, maka akan ada komisi yang Anda dapatkan.

5. Menyediakan jasa pembuatan blog

Sumber penghasilan blogger yang kelima adalah dengan menawarkan jasa pembuatan blog. Beberapa blogger yang lainnya bahkan membuka kelas online untuk mengajari blogger baru dengan penawaran harga tertentu.

Meskipun jasa pembuatan blog ini tidak begitu se-populer layanan pembuatan website profesional, namun banyak loh yang memang ingin punya blog tapi tidak tahu bagaimana memualinya atau bagaimana mengelolanya.

Coba saja ditawarkan jika Anda memiliki keahlian tertentu dalam mempercantik tampilan blog atau kemampuan menjadi seorang web developer meskipun masih dalam skala blog pribadi. Siapa tahu ada yang tertarik kan?

6. Menjual blog

Sumber pendapatan yang terakhir secara online dengan menjadi seorang blogger adalah dengan menawarkan layanan jual-beli blog.

Pasarnya tidak hanya menarget blogger pemula yang ingin memiliki blog lengkap dengan beberapa konten artikel namun juga blogger atau bahkan pebisnis online profesional lainnya.

Karena jual-beli blog ini tidak hanya menjual blognya saja namun juga semua aset yang mengikutinya berupa pengunjung, kondisi blog yang mungkin teroptimasi, blognya sudah memiliki akun Google Adsense dan lain sebagainya.

Jika Anda tertarik untuk mencoba mendapatkan penghasilan online lewat blog tersebut, Anda bisa memulainya dengan membuatnya secara gratis di blogger.com seperti blog ini maupun di WordPress dan masih banyak lagi.

Bagaimana?


EmoticonEmoticon