22 Email Alternatif Selain Gmail yang Bisa Anda Gunakan

Sejak bertahun-tahun, banyak yang sudah menggunakan Gmail. Jumlah pengguna pun semakin bertambah seiring dengan penggunaan hp berbasis Android karena untuk mengaktifkan Play Store, maka harus menggunakan Email Google atau Gmail (Google Mail).

Namun, jika Anda ingin mendaftarkan alamat surat elektronik di situs penyedia lainnya selain Google, saya akan menginformasikan setidaknya 22 situs alternatif yang bisa Anda gunakan untuk mendaftar email secara gratis untuk kebutuhan yang Anda perlukan.

22 daftar penyedia email gratis selain Gmail

Salah satu alasan menggunakan email selain Gmail adalah untuk menjaga kerahasiaan pesan dimana beberapa penyedia email yang akan saya sebutkan nantinya telah didukung dengan teknologi enskripsi yang memungkinkan pesan yang Anda kirim dan Anda dapatkan tidak diketahui oleh penyedia email tersebut.

Situs untuk buat email gratis alternatif selain Gmail

Khusus untuk Gmail sendiri, data pengguna salah satunya dibagikan dengan pihak ketiga termasuk pihak mereka sendiri untuk keperluan penargetan iklan dan sebagainya.

Jadi, informasi pribadi Anda itu tidak benar-benar private karena ada pihak lain yang mengetahuinya atas izin dari Google sendiri.

Baca juga: 6 Trik Rahasia Saya Diterima Daftar Gmail Tanpa Nomor Hp

Oh iya, tidak semua situs atau tempat buat email gratis ini menyediakan fitur enkripsi pesan, jadi, silahkan untuk menyeleksi masing-masing dengan mengunjunginya satu-satu.

Tapi nanti saya informasikan salah satu penyedia email yang juga saya gunakan dan memiliki keamanan yang tinggi serta data pribadi tersimpan dengan baik.

Berikut 22 daftar penyedia email gratis yang bisa saya informasikan untuk saat ini:
  1. Outlook.com
  2. Yahoo! Mail
  3. Mail.com
  4. Zoho Mail
  5. ProtonMail
  6. AOL Mail
  7. Tutanota
  8. Yandex
  9. Inbox.com
  10. FastMail
  11. GMX
  12. Zimbra
  13. HushMail
  14. iCloud Mail
  15. EmClient
  16. Inky
  17. TouchMail
  18. Mailbird Lite (getmailbird.com)
  19. Thunderbird dari Firefox
  20. Opera Mail dari browser Opera
  21. Aussie Mail (www.aussiemail.com.au)
  22.  Canada.com
Dari puluhan daftar diatas, saya memiliki beberapa akun yang sudah saya daftarkan.

Namun, salah satu yang paling saya rekomendasikan adalah melakukan pendaftaran email baru di ProtonMail.com karena mengedepankan privasi pengguna. Beberapa yang lainnya juga sebenarnya mengatakan hal yang sama, jadi ya silahkan dicoba saja.

1 Hal penting yang juga perlu Anda ketahui saat mendaftar email menggunakan penyedia apapun, akan lebih baik untuk melakukan verifikasi lewat nomor hp karena bisa jadi Anda mendaftar ke beberapa layanan email dan lupa password yang digunakan.

Jika ada nomor hp, biasanya akan sangat membantu untuk me-reset password Anda sendiri. Bisa juga dengan memanfaatkan verifikasi email lainnya yang kebanyakan hal ini bersifat opsional.

Namun tidak ada salahnya untuk mencoba kan?

Terakhir, saya tidak tahu apakah daftar penyedia email diatas masih kurang untuk keperluan Anda atau malah kebanyakan.

Yang bisa saya harapkan, jika di kemudian hari salah satu atau beberapa email diatas tidak tersedia lagi, semoga saya ingat untuk meng-update (mengedit) artikel ini.

Begitu juga jika ada tambahan penyedia lain yang saya temukan dan lebih baik, maka insyaallah akan saya usahakan untuk dimasukkan dalam daftar.

Sekian dari saya, semoga informasi diatas berguna bagi siapapun. Silahkan bagikan artikel ini biar Anda juga tidak kelupaan untuk mengunjunginya nanti jika saat ini sedang mengerjakan sesuatu. Semoga bisa ketemu lagi di artikel selanjutnya dan sehat selalu untuk kita semua, aamiin.


EmoticonEmoticon