Ide Bisnis Pariwisata Modal Facebook dan Mobil

Saya punya teman yang salah satu sumber penghasilannya adalah menjadi driver wisata. Menariknya, Facebook menjadi salah satu sumber utama ia mendapatkan tamu dengan memanfaatkan mobil pribadi sebagai kendaraan utamanya.

Jika Anda tertarik mengetahui apa yang dilakukan teman saya ini, sebisa mungkin akan saya ceritakan apa yang ia lakukan hingga sumber penghasilannya tersebut bisa ia tekuni hingga bertahun-tahun.

Menjadi driver pariwisata di Bali untuk menghasilkan uang

Teman saya ini menjadi driver wisata di destinasi yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun internasional. Dan tempat yang saya maksudkan tersebut tidak lain adalah Bali yang sudah sangat terkenal dan mendunia sejak lama kalau urusan pariwisata.

Namun, karena bisnis seperti ini bisa dilakukan oleh siapapun, tentu saingannya juga banyak selain harus memiliki mobil sebagai kendaraan utama untuk mengajak wisatawan berkeliling di Bali.

Bertahun-tahun ia menekuni bisnis ini, akhirnya jaringan dan pergaulannya di dunia driver yang sama pun menjadikan ia semakin dikenal. Setidaknya, kalau sedang tidak mood mencari wisatawan secara online di Facebook, sesekali ia dihubungi oleh teman driver lainnya yang sudah ia kenal dan menawarkan apakah tamu yang ada saat itu bisa ia temani atau tidak.

Baca juga: Ide Bisnis Jasa Cetak Foto Polaroid Menguntungkan

Tidak ada kantor, tidak pula harus bekerja untuk travel agent tertentu. Modalnya hanyalah promosi di Facebook dan kenalan dengan banyak pelaku bisnis di bidang yang sama dan, mskipun tidak setiap hari, ada saja yang menghubunginya untuk mengantar tamu.

Dalam sehari kerja sekitar 10-12 jam, minimal ia bisa mengantongi 350-500ribu rupiah. Belum termasuk tip yang diberikan oleh wisatawan terutama asing yang biasanya lebih banyak daripada wisatawan domestik, penghasilan dari kerjasama dengan pihak pusat oleh-oleh tempat para wisatawan ia ajak berbelanja souvenir dan sebagainya.

Baik di Bali maupun di kota lainnya yang mengunggulkan pariwisata, ide bisnis seperti yang dilakukan temanku ini tentu saja bisa dicoba.

Meskipun saya belum tahu kalau selain menggunakan mobil, tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada juga wisatawan yang tertarik untuk menggunakan kendaraan sepeda motor jika ada yang menawarkan paket berkeliling destinasi menggunakan moda transportasi tersebut.

Atau, bisa dengan membuka bisnis rental kendaraan bermotor karena peminatnya sangat banyak terutama di Bali mulai dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Apa yang telah dibuktikan oleh temanku ini sederhana saja formula pemasarannya. Bahkan hanya bermodal status dan share Facebook, ia sudah bisa hdup di Bali. Jangankan memanfaatkan pemasaran digital secara lebih jauh seperti memasang iklan, ia saja belum lama ini baru tahu kalau beriklan di Facebook saja hanya butuh modal minimal 10 ribu per hari.

Artinya bahwa, dengan pengetahuan yang sedikit saja, kalau ditekuni dengan baik maka hasilnya bisa maksimal dibanding banyak pengetahuan tapi tidak ada aksi terhadap ide bisnis yang ada di kepala.

Jujur, saya cukup salut dengan teman saya ini karena pikiran awal saya mengatakan bahwa harus bekerja dulu di tour agent baru bisa berkesempatan mendapatkan sumber penghasilan di dunia pariwisata Bali.

Namun, ternyata saya salah besar karena semua tergantung kemauan kita sendiri.

Oh ya, temanku ini juga kerjasama jual paket wisata di Bali dengan menentukan itinerary secara harian. Dengan biaya 500ribu selama 12 jam dalam sehari, wisatawan sudah bisa menikmati beberapa destinasi. Dan harga tersebut sudah termasuk biaya untuk mobil plus pemandu, bahan bakar, dan juga gratis antar-jemput bandara.

Murah kan sebenarnya? Dengan harga segitu saja dalam waktu 12 jam, pastilah ada untungnya bagi teman saya tadi yang entah berapa rupiah.


EmoticonEmoticon