Jual Foto Online: Mendapatkan Uang Dari Hobi Fotografi

Banyak yang menjadikan fotografi sebagai hobi. Banyak juga diantaranya yang bahkan melanjutkan pendidikan tinggi di universitas dengan mengambil jurusan tersebut. Dan, beberapa diantaranya membuka layanan foto untuk menghasilkan uang. Akan tetapi, siapapun kamu, jika berniat untuk menjadikan fotografi sebagai salah satu sumber pendapatan, kamu juga bisa memutuskan untuk terlibat dalam transaksi jual-beli foto secara online.

Kamu mungkin akan berpikir bahwa siapa juga yang mau membeli foto. Apalagi saat ini banyak yang memiliki kamera canggih atau minimal kamera hp yang sudah cukup berkualitas hasil fotonya.

Baca juga: Ide Bisnis Jasa Cetak Foto Polaroid Menguntungkan

Tapi tahu tidak, orang Eropa nun jauh disana mungkin saja ingin menulis di blognya tentang objek wisata yang ada di Bali. Mungkin dulunya ia pernah berkunjung ke Pulau Dewata namun hasil fotonya tidak sesuai dengan yang ia butuhkan saat ini.

Daripada harus bolak-balik lagi hanya untuk mengambil foto yang pastinya butuh biaya besar, kan mending beli foto saja jika ada yang menjualnya.

Jual foto online sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan online

Ada beberapa alasan kenapa jual-beli foto online ini masih banyak yang membutuhkannya hingga sekarang. Beberapa diantaranya adalah:
  1. Mendapatkan foto berkualitas tinggi dan berbeda dari yang sudah ada atau tidak banyak yang memakainya.
  2. Memiliki hak cipta untuk penggunaan foto termasuk secara komersil misalnya untuk periklanan online.
  3. Lebih murah (hemat biaya) apalagi foto yang lokasinya jauh dari tempat pembeli.
Masih banyak lagi alasan lainnya namun apa yang saya sebutkan diatas mungkin sudah lebih dari cukup kenapa kamu harus mulai menjual foto-foto koleksi yang ada di laptopmu saat ini. Lagian, daripada menu-menuhin hardisk, coba saja dijual karena bisa jadi akan sangat laku di internet.

Jual foto onlinenya dimana supaya bisa menghasilkan uang di internet?

Nah, jika kamu memang tertarik untuk mendapatkan uang di internet melalui hobi fotografi ini, sebenarnya sudah ada banyak sekali situs yang memungkinkan hal itu. Bahkan, situs berbagi dan unduh foto secara gratis pun sangat memungkinkan untuk mendapatkan uang.

Sebut saja Pixabay yang sudah sangat populer sebagai situs untuk download foto dan karya desain garfis.

Tapi tahu tidak bahwa jika kamu ingin menjadi kontributor disana, sudah disediakan fitur untuk kontributor berupa tombol donasi yang disebut sebagai "Coffee" yang memungkinkan pengguna untuk memberikan donasi baik sekali maupun donasi bulanan.

Mendapatkan uang dari Pixabay melalui donasi orang lain

Siapa tahu dengan kamu berkontribusi juga disana misalnya membagikan fotomu secara gratis, maka kamu juga bisa berkesempatan untuk diberi uang oleh pengguna lainnya yang merasa sangat terbantu dengan karya-karyamu, kan?

Jika misalnya mengharapkan donasi ini bukanlah yang kamu inginkan, foto-fotomu masih bisa kamu jual juga kok meskipun harga belinya kadang tidak sampai 1 dollar. Tapi jika banyak yang membeli, tinggal dikalikan saja.

Untuk menual foto yang ada di memori kamera maupun koleksimu di laptop yang ada selama bertahun-tahun, berikut beberapa rekomendasi situs yang bisa kamu kunjungi:
  1. ShutterStock.com
  2. BigStockPhoto.com
  3. Dreamstime.com
  4. iStockPhoto.com
  5. 123rf.com
  6. Alamy.com
Terus terang, banyak sekali situs yang bisa menjadi tempat kamu untuk menjual foto dan daftar diatas belum tentu juga kamu akan membuat akun disana. Tapi jika saya ditanya rekomendasi situs utama untuk dicoba, maka menurut saya ShutterStock bisa menjadi yang pertama. Karena situs tersebut bisa dibilang yang paling populer saat ini.

Ibaratnya, pasti kita akan berjualan di pasar yang ramai (populer) dengan banyak pengguna daripada di pasar yang sepi kan?

Itulah kenapa jual stok foto di ShutterStock saya urutkan pada daftar teratas. Dan, situs tersebut juga sangat memungkinkan untuk menjual foto hasil tangkapan kamera hp selama syarat lainnya terpenuhi misalnya batas minimal resolusi dan sebagainya. Silahkan cek langsung di websitenya saja mengenai pedoman kualitas foto yang dimaksud.

Semoga kamu beruntung ya. Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini supaya temanmu juga tahu hal ini, terutama temanmu yang pengangguran tapi memiliki kamera dan juga hobi fotografi.


EmoticonEmoticon