Rental Kendaraan Bermotor Bagi yang Belum Mampu Beli

Kendaraan bermotor baik beroda 2 maupun 4 atau selainnya sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi banyak diantara kita untuk kepentingan mobilitas keseharian. Bagi pekerja yang bertempat tinggal agak jauh dari tempat kerja, tentu akan sangat dibutuhkan dengan tujuan untuk menghemat biaya dan juga waktu. Jika Anda sama seperti saya yang belum memiliki (misalnya) sepeda motor, tahu tidak bahwa banyak loh sebenarnya yang menyewakannya.

Bisnis rental motor ini kerap saya temukan di daerah perkotaan maupun desa yang tidak terlalu ramai tapi menjadi salah satu lokasi destinasi wisata.

Harganya pun bisa beragam tergantung pada spesifikasi motor yang ada dan juga tahun keluaran motor tersebut. Semakin baru dan semakin mahal motornya, biasanya harga sewanya pun semakin tinggi.
Rental sepeda motor atau kendaraan lain sebagai solusi bagi yang belum mampu
Setidaknya, sudah pasti bedalah harga rental motor Vario sama NMAX, yekan?

Sistem sewanya pun cukup mudah. Asal ada KTP atau identitas diri lainnya dan bisa membayar biaya sewa motornya, maka Anda sudah bisa membawa pulang dan menggunakan kendaraan tersebut sesuai kebutuhan.

Untuk waktu sewa, biasanya ada yang harian, mingguan, dan juga bulanan. Kalau tahunan saya belum pernah dengar dan cari tahu karena kalau disewa selama itu, biayanya cukup besar.

Untuk saat ini, saya sendiri selama beberapa bulan terakhir menyewa motor secara bulanan. Motornya adalah milik bapak kos saya sebelumnya dan sudah cukup tua jadi harga sewa kendaraan bulanannya juga agak murah.

Jika harga rental kendaraan roda dua yang kebanyakan saya temui adalah 600ribu per bulan, maka biaya yang dibebankan ke saya justru lebih murah yaitu 400ribu. Mungkin karena sudah kenal atau motor maticnya yang sudah tidak baru lagi sehingga bisa menghemat biaya 200ribu dibanding tempat rental motor lainnya.
Baca juga: Ciri-Ciri Ban Motor Harus Segera Diganti
Selain saya gunakan untuk bekerja, solusi untuk menyewa kendaraan ini juga sebenarnya cukup membantu untuk menghemat uang. Pertama, karena awalnya saya harus menggunakan ojek online, maka se-murah apapun untuk pulang-pergi ke tempat kerja, tetap saja biayanya membengkak meskipun sudah dapat promo atau diskon berkali-kali.

Juga, bisa menghemat uang karena untuk membeli makan diluar tidak harus pesan lewat ojek online lagi dan ternyata itu cukup membantu saya untuk menghemat uang. Sangat terbantu sekali.

Teman saya awalnya menyarankan untuk kredit motor saja karena bisa dibilang, biaya sewa motor bulanan dan biaya kredit bulanan ini tidak beda jauh. Apalagi motor yang di kredit bisa jadi hak milik. Tapi, saya masih khawatir saja takutnya ada riba diantara kita. Soalnya pengetahuan saya tentang riba ini masih sangat dangkal jadi saya memilih untuk sewa saja daripada berutang.

Oh ya, kalau pembayaran rental motor ini juga agak terlambat seperti yang pernah saya alami, cukup hubungi saja pemiliknya dan yakinkan bahwa secepatnya akan dilunasi. Biasanya sih pemiliknya akan mengerti. Namanya juga manusia, ada saja yang bisa menyebabkan kita terlambat melakukan pembayaran.

Namun, kalau saya harus kredit, jujur saja saya kadang khawatir didatangi oleh debt collector karena dalam bayangan saya, mungkin saya akan dimarahi. Dan saya tidak mau dalam keadaan tersebut. Jadi, mending saya hindari sejak awal.

Dan juga, jika berniat ingin mendaftar sebagai dirver ojek online seperti Grab atau Go-Jek, kendaraan sewaan ini juga bisa didaftarkan. Jadi selain untuk membantu pekerjaan utama, bisa juga dimanfaatkan sebagai salah satu sumber penghasilan atau minimal jadi sampingan.


EmoticonEmoticon