Tanyakan Ini Sebelum Rental Sepeda Motor

Saya termasuk orang yang kurang hati-hati dalam hal menyewa atau rental sepeda motor. Asal model kendaraan dan harganya cocok serta kendaraannya bisa digunakan tanpa melakukan pengecekan, saya langsung saja setuju dan memberikan biayanya.

Saya akui bahwa salah satu kekurangan saya memang itu.

Tapi itulah saya adanya dan tidak asal bicara saja. Termasuk saran saya untuk Anda agar menyewa kendaraan bermotor jika belum mampu beli, saya pun saat ini memang melakukannya selama beberapa bulan terakhir ini.

Dan, karena pengalaman berbulan-bulan itulah yang akhirnya membuat saya berpikir ulang dan ingin menuangkannya dalam tulisan ini dengan harapan barangkali bisa membantu yang lainnya.

Apa yang harus ditanyakan sebelum menyewa sepeda motor?

Bulan-bulan awal ketika saya memutuskan untuk rental kendaraan, semua tampak biasa saja. Justru saya termasuk sangat terbantu dengan adanya layanan tersebut. Namun beberapa lama kemudian, masalah kembali muncul, bagian depan tempat pengendara menaruh kakinya (entah apa namanya???) mengalami kebocoran.

Seolah oli pada mesin motor tersebut yang bocor karena sifatnya yang lengket dan tidak bisa sepenuhnya kering.
Tanyakan ini sebelum menyewa atau rental sepeda motor
Ketika saya menanyakan perihal tersebut kepada pemiliknya, ia mengatakan bahwa hal itu sudah biasa. Entah biasa yang ia maksud apakah memang motor tersebut sesekali mengalami itu tiap misalnya berapa bulan sekali atau bagaimana, saya tidak lanjut bertanya.

Oleh sebab saya yang memang tidak tahu persoalan mekanika mesin dan mungkin saya dilihat kebingungan, pemiliknya langsung menawarkan bahwa ia yang akan membawanya ke bengkel atau tempat temannya sendiri yang ia kenal.

Beberapa jam kemudian, motor kembai normal dan saya merasa bersyukur bahwa hingga saat ini tidak pernah bocor lagi.

Dari pengalaman ini, pertanyaan pertama yang harus diajukan sebelum menyewa sepeda motor atau bahkan kendaraan lainnya adalah terkait dengan pemeliharaan mesin jika terjadi sesuatu yang tampaknya bukan merupakan kesalahan kita sendiri.

Jangankan mengutak-atik mesin, untuk mencuci motor saja saya menggunakan jasa cuci yang ada di dekat tempat tinggal. Jadi, tidak ada peluang bagi saya untuk mengutak-atik kendaraan yang saya sewa karena memang tidak tahu sama sekali.

Jadi, sepertinya bukan kesalahan saya kan?

Pertanyaan kedua yang sebenarnya juga berkaitan dengan persoalan yang pertama adalah siapa yang nantinya bertanggung jawab untuk mengganti ban? Hal ini tentunya berkaitan dengan biaya yang harus dikeluarkan karena harga ban baru tentu saja cukup mahal bagi saya karena bisa sampai ratusan ribu.

Jadi, Anda juga harus tahu bahwa dengan harga sewa motor yang telah ditentukan, apakah Anda juga tidak akan bertanggung jawab untuk mengeluarkan biaya penggantian ban?

Apalagi jika seperti saya yang menyewa motor secara bulanan dan tidak pernah diganti. Maka sudah barang tentu bahwa ketika ciri-ciri ban motor sudah harus segera diganti muncul, saya seharusnya tahu siapa yang bertanggung jawab mengeluarkan biaya.

Termasuk juga ketika berniat untuk mengganti oli mesin dimana kebutuhan penggunaan sepeda motor berbeda-beda tiap pengendara.

Jika motor sering digunakan dalam waktu yang lama dan sering, maka olinya juga harus cepat-cepat diganti kan? Minimal, 1 bulan 1 kali harus ganti oli dan menurut saya, hal itu juga sangat penting untuk ditanyakan. Karena selain bisa membuat kendaraan lebih awet untuk dipakai, juga mengantisipasi biaya yang mungkin tidak Anda pikirkan sebelumnya.

Untuk saat ini, saya kira beberapa pertanyaan diatas dulu yang penting untuk Anda termasuk juga saya ketika nanti akan memutuskan untuk menyewa atau rental sepeda motor. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk mengantisipasi pengeluaran yang tak terduga dan juga tetap berada dalam kondisi yang aman dan nyaman ketika berkendara.


EmoticonEmoticon