Menjadi Kaya dan Terlihat Kaya, Mana yang Ingin Kamu Capai?

Visible Spectrum Blog - Mari berbicara mengenai gaya hidup dan hubungannya dengan keuangan diri kita sendiri. Dalam keseharian, sesekali kita menyaksikan orang yang kita kenal berbelanja segala macam barang mewah atau mahal.

Dari apa yang kita saksikan tersebut, saya yakin bahwa banyak diantara kita yang tahu dengan baik apakah orang tersebut mampu untuk membelinya tanpa tanpa perlu utang sana-sini atau tidak.

Orang yang jelas-jelas kaya, sesekali kita anggap hal itu wajar. Karena mereka memang berduit dan mampu untuk berbelanja tanpa mengancam kebutuhan penting lainnya.

Perbedaan antara menjadi kaya dan terlihat kaya

Namun jujur saja, tidak semua orang bisa seperti itu.

Dan bukan hal yang asing lagi bahwa kita juga sering menyaksikan mereka-mereka yang ngebet belanja barang mahal dan dalam jumlah yang cukup banyak, namun disisi lain, orang-rang tersebut juga pada dasarnya tidak mampu-mampu amat karena kebutuhan harian saja terkadang susah untuk dipenuhi.

Alhasil, terkadang utang pada tetangga atau teman dan keluarga menjadi jalan bagi mereka entah untuk memenuhi kebutuhan mendasar seperti makan, minum, biaya transportasi dan lain sebagainya.

Bahkan, bukan hal yang baru juga dimana kita kerap mendengar banyak orang yang mengajukan kredit ke Bank untuk pemenuhan kebutuhan mewah tersebut yang terkadang berakhir tragis.

Hal-hal tersebut sering kamu temui dalam kehidupan sehari-hari bukan?

Mereka yang telah berhasil menjadi orang kaya tentu tidak masalah mau seberapa banyak uang yang dihamburkan untuk membeli kebutuhan bermewah-mewahan. Mereka mampu untuk itu.

Namun bagi kita yang juga menginginkan hal yang sama tetapi tidak didukung dengan kemampuan finasial yang mencukupi, hal tersebut sama saja dengan menciptakan permasalahan yang sebenarnya tidak diperlukan.

Di zaman sekarang, untuk bisa tampil atau terlihat kaya, hal itu mudah untuk dilakukan. Hanya bermodalkna ratusan ribu Rupiah saja, kita sudah bisa tampak seolah-olah kaya dari ujung rambut di kepala hingga ujung kuku di kaki.

Mau gaya-gayaan saat ini sangat gampang sekali terlebih pakaian dan segala aksesoris di badan sudah bisa kita dapatkan dengan mudah, murah dan juga berkualitas.

Akan tetapi, terlihat kaya tidak lantas menjadikan kita menjadi orang yang kaya. Karena saldo di bank dan semua aset yang kita miliki adalah buktinya.

Coba tengok tabunganmu hari ini, kira-kira cukup tidak untuk hidup 1 tahun kedepan?

Kalau mereka yang benar-benar kaya, pertanyaan tersebut tidak akan begitu mengagetkan dan juga bukan hal yang merisaukan. Namun bagaimana dengan kamu sendiri? Jangan-jangan sisa uang saja hanya sampai minggu depan.

Masih mau tampil supaya terlihat kaya di mata orang lain?

Tidak ada yang keliru menurut saya jika kita mengimpikan untuk memiliki barang mewah. Namun jika kita memaksakan hal tersebut, maka kita hanya akan mengenyangkan mata orang lain dan harus bekerja lagi agar uang yang telah keluar bisa kembali lagi.

Banyak diantara kita yang tertatih dalam menabung. Syukur-syukur dalam sebulan bisa menghemat pengeluaran 500 ribu atau bahkan lebih. Namun jika tidak dan tetap ngotot untuk memiliki barang mewah, akan lebih baik jika kita juga ngotot untuk bisa bekerja lebih keras dan lebih cerdas lagi.

Karena jika tidak, maka utang bisa menumpuk dimana-mana dan berkahir pada penyesalan.

Menarik juga: Mereka yang Meminjamkan Uang Padamu Adalah Pahlawanmu

Ok-lah bahwa beberapa diantara kita sudah terbiasa berutang dan membayarnya kembali dalam kurun waktu tertentu. Pertanyaannya, mau sampai kapan?

Pakaian atau jam branded yang kamu gunakan hari ini bisa jadi dan kenyataannya akan lebih rendah nilainya ketika akan dijual lagi karena sudah menjadi barang bekas.

Beda halnya dengan selebriti misalnya dimana pakaian bekas mereka terkadang bisa lebih mahal harganya ketika sudah menjadi barang bekas karena ada sejarah dalam penggunaannya.

Tapi, jika kita tidak bisa meningkatkan value atau setidaknya menjaga harganya tetap sama dengan saat awal kita beli, maka menangislah dalam penyesalan.

Kita juga perlu sadari bahwa sangat banyak orang kaya di dunia ini yang bahkan tidak kita sadari bahwa mereka itu kaya karena kesederhanaan hidupnya. Padahal, isi rekeningnya kadang tidak main-main. Bisa ratusan hingga milyaran Rupiah uang didalamnya.

Karena bisa jadi tujuan mereka adalah menjadi kaya dengan tidak menampakkannya. Bukan terlihat kaya padahal sebenarnya beli kuota internet saja masih minta-minta. Jadi, kedepannya sudah tahu belum yang mana tujuanmu? Atau mampukah kamu menjadi kaya dan juga terlihat kaya disaat yang bersamaan?

Baca juga:

Ide Bisnis Jasa Cetak Foto Polaroid Menguntungkan