Semua Hal Dalam Hidup Memiliki Peran, Tidak Ada yang Sia-Sia!

Sia-sia biasanya identik pada sesuatu baik berupa kegiatan maupun hal (benda) dan sebagainya yang dianggap tidak berguna atau tidak membawa manfaat dan hasil.

Namun pada kenyataannya, sesuatu yang sia-sia bukanlah sesutau yang tidak bernilai. Sebab apapun dalam hidup termasuk hidupmu sendiri memiliki peran.

Kita harus menyadari bahwa bahkan hal yang sia-sia pun ternyata memang kita perlukan. Dalam artian bahwa hal tersebut ternyata mampu membuat kita menjadi insan yang lebih baik lagi.

Misalnya ketika kita waktu masih remaja dan keseringan nongkrong atau begadang tanpa adanya manfaat selain membuang-buang waktu secara percuma.

Pada suatu waktu ketika kita sudah dewasa nantinya, saya yakin akan ada momen dimana kita akan mengingat hal itu lagi dan mulai belajar untuk menghindar dari kegiatan tersebut dan mencari aktivitas lain yang lebih produktif (bermanfaat).

Akan tetapi, bukan berarti bahwa saya menyarankan untuk kita semua bahwa kita harus melakukan hal yang sia-sia terlebih dahulu agar bisa sadar dan mengambil pelajaran (hikmah).

Tidak sama sekali.

Tetapi jika melihat pada fakta yang ada, kita sebagai manusia memang kerap khilaf dalam menjalani sebuah kehidupan.

Aktivitas begadang atau nongkrong yang saya contohkan diatas, meskipun adalah hal yang sia-sia, tetap saja ia memiliki peran. Yaitu membuat kita belajar bagaimana menghargai waktu dan mempergunakannya secara baik.

Kita belajar dari hal yang kita anggap sia-sia. Bukankah ini juga berarti bahwa ada begitu banyak atau bahkan mungkin semua hal temasuk yang sia-sia sekalipun memiliki perannya sendiri dalam hidup kita?

Hanya saja, peran seperti aktivitas sia-sia diatas berdampak negatif bagi kita dimana waktu yang berharga tidak kita manfaatkan dengan baik.

Mari kita lihat contoh yang lebih dekat lagi dengan kita yaitu debu.

Setiap hari, kita berkutat membersihkan debu agar rumah atau kamar kita bisa bersih. Bahkan karena debu, terlahir lapangan kerja seperti Asisten Rumah Tangga (ART) karena salah satu tanggung jawabnya adalah membersihkan debu di rumah di sudut manapun.

Ada banyak rumah tangga yang menggaji pekerja untuk membuang debu dari dalam rumah.

Bahkan, tidak hanya itu saja. Debu pun sangat membantu dalam melakukan ibadah.

Contoh terbaiknya adalah kaum muslim yang ber-tayammum dimana ketika tidak ada atau susah mendapatkan air untuk ber-wudhu, maka mensucikan diri bisa dilakukan menggunakan debu.

Duhai sahabat!

Begitu banyaknya ternyata hal di dunia ini yang awalnya kita sepelekan, ternyata justru memiliki peran yang begitu penting.

Sesuatu yang awalnya tak bernilai jika diuangkan, ternyata justru memiliki perannya sendiri-sendiri.

Setiap hal memang memiliki tujuan dan benarlah Tuhan menciptakannya bukan tanpa maksud. Kitanya saja mungkin yang kadang memiliki keterbatasan pengetahuan atau kekurang-sadaran untuk mengetahuinya.

Tidak ada yang sia-sia dan semua hal pasti memiliki peran penting. Karena itulah dia ada.

Hal yang sama juga berlaku untuk kegagalan seseorang dalam berbisnis. hal itu bukanlah hal yang sia-sia. Karena, seseorang justru bisa bangkit menjadi pengusaha yang lebih baik lagi jika memutuskan untuk mengambil pelajaran dan tindakan lanjutan.

Terlebih lagi untuk diri kita sendiri.

Sudah memang seharusnya kita memiliki tujuan dalam menjalani sebuah kehidupan. Karena jika setitik debu saja bisa begitu penting, maka hidup kita pastilah memiliki peran yang sangat besar di alam semesta ini.

Kunjungi juga: Heninglah Sejenak dan Pikirkan Apa yang Harus Kamu Syukuri Hari Ini!

Mulai saat ini, yuk sama-sama saling menanyakan pada diri kita sendiri tentang peran berharga apa yang akan kita jalani dalam hidup ini. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10