Tidak Semua Hasil Kerja Keras yang Kamu Nikmati Hari Ini Murni Perjuanganmu Sendiri

Visible Spectrum Blog - Coba bayangkan ini! Dalam keluargamu, katakanlah kamu adalah seseorang yang paling cerdas dan juga memiliki semangat kerja keras yang tinggi dibanding yang lainnya.

Begitu juga dalam lingkungan kerja maupun pergaulan.

Pokoknya, dari semua orang, kamu adalah orang yang paling unggul dalam banyak hal.

Suatu saat kemudian, segala pengetahuan dan perjuangan tersebut membuahkan hasil yang kamu harapkan. Tidak tanggung-tanggung, hasilnya bahkan melebihi ekspektasimu sendiri sehingga kamu bangga dengan pencapaian tersebut.

Berbangga dan menikmati hasil kerja kerasmu sendiri memang diperlukan. Itu adalah hadiah bagi diri kamu sendiri.

Akan tetapi, jika kamu akhirnya merasa bahwa semua pencapaian tersebut adalah murni hasil keringatmu sendiri dalam kegelapan proses hidup yang kamu jalani, yang bahkan tidak ada pertolongan dari siapapun ketika kamu membutuhkannya, maka di titik tersebut kamu telah melakukan kesalahan besar.

Tidak hanya karena kamu berutang budi pada kedua bapak ibumu yang telah melahirkan dan membesarkanmu meskipun kamu merasa seolah dukungan dari keluarga tidak begitu besar atas hasil yang didapatkan.

Namun yang perlu kamu ketahui adalah terdapat banyak hal yang menjadi penyebab atas segala kesuksesanmu hari ini.

Kesuksesanmu hasil perjuangan banyak orang

Duhai teman dan sahabat! Saat kita membuka mata pada pagi hari setelah semalaman terbuai dalam bunga tidur, siapakah yang mampu memberi izin semua anggota badan dan syaraf yang ada dalam dirimu?

Siapakah yang memberimu kesempatan hidup hari ini sehingga masih bisa merasakan nikmatnya sebuah kesuksesan?

Siapakah yang pertama kali menjadi tempat kita berutang bahkan sebelum kita dilahirkan?

Bersyukurlah bahwa Tuhan selalu bersamamu bahkan se-berdosa dan sehina apapun diri kita dalam menjalani kehidupan.

Ada banyak airmata ibu dan bapak yang tergerus dalam doa yang selalu mereka panjatkan. Ada kerja keras mereka disana bahkan sampai hari ini yang tidak kita ketahui.

Kesuksesan hidup yang kita nikmati hari ini adalah hasil dari perjuangan setiap orang yang berpengaruh dalam hidupmu baik secara positif maupun sebaliknya. Seorang pembenci bahkan bisa menjadi penyemangatmu untuk melakukan lebih.

Lantas, masihkah kita harus tetap menganggap bahwa kesuksesan yang kita nikmati hari ini hanyalah sekedar buah dari pengetahuan dan kerja keras kita sendiri?

Disaat beberapa teman pergaulanmu mengajakmu untuk berbuat keburukan, beberapa teman lainnya secara sembunyi-sembunyi dalam hati mereka selalu mengharapkan dan mendoakan yang terbaik untuk dirimu.

Disaaat kamu berkendara di jalan, ada pengendara lain yang juga berhati-hati agar tidak mencelakai diri mereka sendiri dan juga dirimu. Sehingga kamu pun bisa sehat dan selamat sampai pada tujuan.

Dan masih banyak aspek dalam hidup dimana semua proses yang kita jalani dan berbuah nikmat serta kesuksesan hari ini adalah juga akumulasi dari banyaknya proses lain yang kompleks yang dijalani oleh orang lain.

Karena itu, bersyukurlah!

Dan, jangan berlama-lama berbangga diri akan dirimu sendiri. Hargailah orang-orang di sekitarmu bahkan mereka yang tidak mengenalmu sekalipun. Karena kita tidak pernah tahu bahwa bisa jadi, merekapun mengharapkan kebaikan yang besar untuk dirimu hanya dari pandangan yang sesaat dan singkat.

Sadarlah bahwa dari apa yang menjadi kebahagiaanmu hari ini, adalah juga "sumbangan" yang baik dari Tuhan, Keluarga, Sahabat dan masih banyak lagi.

Baca juga:

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10