Baiknya Fokus Membangun Blog atau Channel Youtube?

Baiknya Fokus Membangun Blog atau Channel Youtube?

Beberapa bulan terakhir, kerap muncul perbedaan pandangan di grup-grup Facebook blogger di Indonesia mengenai apakah lebih baik fokus membangun blog sebagaimana yang sudah dilakukan atau beralih menjadi seorang YouTuber?

Baik perbedaan pandangan maupun perbedaan yang terjadi, hemat saya mengatakan bahwa penyebabnya sebenarnya hanya 1 saja yaitu persoalan mendapatkan penghasilan online.

Membangun blog atau channel YouTube untuk penghasilan online?

Dan sumber penghasilan tersebut pun hanya 1 saja yaitu jaringan periklanan online terbesar yang dimiliki oleh Google yaitu Google Adsense.

Saya cukup paham bahwa sebenarnya yang terjadi di Indonesia ini adalah pandangan sempit dari diri kita sendiri yang terlalu berharap terlalu tinggi untuk menghasilkan banyak uang dalam waktu yang singkat.

Mohon maaf mengatakan demikian, namun kenyataannya memang seperti itu.

Meskipun juga saya akui bahwa tidak semua orang memiliki pandangan yang sama. Jadi, dalam kasus ini saya tidak bermaksud untuk menggeneralisasi bahwa semua orang sama.

Tidak sama sekali.

Belum lagi, banyak berkembang pemikiran mengenai bisnis online tanpa modal dengan hasil yang wah.

Pertanyaannya, bisnis semacam yang bisa seperti itu? Untuk membuat artikel saja butuh modal ide, waktu dan tenaga serta sebagainya. Begitu juga dengan membuat video di YouTube.

Semua harus ada pengorbanan yang dilakukan dan jika ada yang mengatakan bahwa bisa menghasilkan pundi-pundi Rupiah maupun Dollar tanpa modal, bisa dipastikan dia adalah seorang pembohong atau ada informasi lainnya yang tidak ia jelaskan dengan baik.

Blog dan Channel YouTube bisa saling mendukung dengan mesranya

Meninggalkan dunia blog secara keseluruhan dan memilih untuk membangun channel YouTube adalah keputusan bodoh yang bisa anda ambil.

Hal ini karena kedua platform tersebut bisa digunakan untuk saling mendukung satu sama lain.

Bagi anda yang sebelumnya nge-blog, bukankah YouTube bisa menjadi salah satu saluran untuk juga mendapatkan pengunjung ke blog utama?

Jadi yang harus anda lakukan adalah mengganti pertanyaan dalam pikiran anda. Bukan lagi sesederhana "lebih bagus blog atau YouTube?" namun lebih pada "Bagaimana kedua platform tersebut bisa saling mendukung agar bisa sama-sama berkembang?"

Baca juga: 8 Cara Memperbanyak Jumlah Penonton Video YouTube

Hal ini didasari karena membuat video terkadang bisa lebih menarik dalam menyampaikan pesan yang ingin anda informasikan. Namun perlu juga diingat adalah, seringkali penyampaian informasi dalam bentuk tulisan (blog) juga bisa lebih baik daripada video.

Perlu anda sadari bahwa jenis konten yang ada di channel YouTube itu hanya dalam bentuk video saja. Disisi lain, blog selain bisa digunakan untuk mempublikasikan video, juga bisa dalam bentuk teks, gambar dan sebagainya.

Karena masing-masing platform memang memiliki kelemahan dan keunggulannya sendiri-sendiri.

Kalau hanya fokus pada konten video di YouTube, bagaimana jika nantinya channel anda kena suspend (ditangguhkan) atau malah dihapus? Capek-capek bikin video malah dihapus begitu saja.

Di blog pun memang bisa mengalami hal yang sama. Namun anda setidaknya bisa menyimpan file aslinya atau melakukan beack-up (file cadangan) sehingga anda tidak kehilangan kerja keras anda selama ini.

Intinya, berhentilah terlibat dalam perdebatan tidak penting mengenai bagusan YouTube atau blog. Karena pertanyaan tersebut sebenarnya menunjukan tentang seberapa tidak tahunya anda mengenai kedua hal tersebut.

Belum lagi, apa anda yakin bisa membuat hingga ratusan video YouTube seperti yang lainnya? Jangan-jangan baru mau buat 1 video pun anda sudah kebingungan mau ngapain.

Yakin bisa menghasilkan uang lewat YouTube? Maka buktikanlah dan tidak hanya ngomong doang di grup-grup.

Pilihan ada di tangan anda. Entah akan lanjut mengelola blog atau berpindah haluan dan fokus pada YouTube. Namun demikian, anda pun tetap bisa memilih untuk melakukan keduanya.


EmoticonEmoticon