Terkadang, Kita Hanya Butuh Untuk Didengar

Visible Spectrum Blog - Manusia memiliki banyak tantangan dan juga persoalan dalam menjalani hidup. Kemudian, kita pun berpikir keras untuk mencari solusi agar apa yang kita hadapi bisa teratasi dengan baik.

Namun kita juga kerap lupa bahwa terkadang, yang kita butuhkan hanyalah didengarkan oleh orang lain. Tanpa bantahan. Tanpa sela.

Permasalahan terkadang menguras energi yang banyak. Otak kita bisa bekerja melebihi keadaan normalnya. Hingga kemudian, stres bisa melanda kapan saja. Pada saat inilah kita butuh momen tersendiri untuk merenung, dekat dan curhat pada Yang Maha Kuasa.

Pada banyak kesempatan, kita juga seringkali membutuhkan orang lain untuk duduk sejenak menemani kita. Tak hanya bersenda gurau, namun juga dia yang mau dengan baik dan tenang mendengarkan keluh kesah dalam diri.

Tak perlu ada solusi lain karena kadang dengan itu saja bisa menjadi jalan alternatif untuk menghadapi masalah atau menyiapkan diri kita menjadi lebih mudah menghadapi banyak hal.

Curhat seringkali membuat kita merasa telah "mengangkat" beban yang ada dalam pikiran. Masalahnya tidak berakhir begitu saja, namun kita merasa lebih siap untuk menanganinya di waktu lain.

Disini juga mungkin yang menjadi alasan kenapa kita harus memiliki keyakinan dalam beragama. Karena tidak semua orang memiliki orang lain untuk "menguburkan" permasalahannya dalam sebuah percakapan. Tidak semua orang memiliki sahabat yang mampu mendengar semua keluh kesah.

Keyakinan bahwa Tuhan akan selalu mendengarkan kita tentu adalah sebuah hal yang positif. Hal tersebut menenangkan dan membuat kita berpikir bahwa ada yang mau mendengarkan bahkan mengabulkan permintaan agar permasalahan yang kita hadapi bisa lebih cepat menemukan jalan keluar.

Jika harus ditambah dengan seseorang yang akan siap untuk mendengarkan kita, maka setidaknya kita akan semakin jauh dari perasaan terisolasi dan kesendirian.

Jika suatu saat nanti seseorang datang padamu dan menumpahkan segala permasalahannya untuk kamu dengarkan, duduk dan temanilah ia. Karena itu adalah bantuan besar yang bisa kamu berikan tanpa melakukan banyak hal.

Baca juga:

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10