Kualitas Foto yang Dikecilkan di Photoscape

Salah satu alat yang seolah wajib tersedia pada aplikasi maupun software pengeditan foto adalah fitur untuk merubah ukuran (dimensi) gambar baik dengan tujuan untuk mengecilkan ataupun membesarkan.

Dan kali ini, saya akan coba memberikan gambaran mengenai sebagus apa sih hasil mengubah ukuran foto menjadi lebih rendah dari aslinya menggunakan Photoscape ini?!

Rata-rata penggunaan fitur transformasi gambar yang saya lakukan biasanya memang untuk memperkecil dan sangat jarang untuk melakukan yang sebaliknya.

Dan ketika hal tersebut saya lakukan, ada 2 hal penting yang wajib menjadi hasil akhir yang ingin saya dapatkan ketika hal itu memungkinkan, yaitu:
  1. Kapasitas file berkurang secara drastis (signifikan).
  2. Kualitas foto yang dikecilkan tidak jauh berbeda dengan aslinya.
Jika dari 2 hal tersebut saya hanya bisa mendapatkan salah satunya saja, biasanya editor gambar tersebut tidak akan lagi saya gunakan untuk mengubah ukuran foto.

Sebagus apa hasil mengecilkan ukuran gambar menggunakan Photoscape?

Untuk mengecilkan ukuran foto menggunakan Photoscape, saya mengunduh beberapa foto berkualitas tinggi di Unsplash.com dimana rata-rata:
  • Fotonya memiliki dimensi lebar lebih dari 1.000 piksel, dan juga;
  • Ukuran file yang saya temukan minimal lebih dari 1 MB untuk foto dengan dimensi asli (terbesar).
Salah satu foto yang saya kecilkan memiliki hasil akhir sebagai berikut.

Merubah ukuran gambar di Photoscape

Bagaimana menurut anda? Jika hasil gambar diatas memiliki kualitas yang tetap bagus, bukankah Photoscape ini layak untuk digunakan setidaknya dalam hal merubah ukuran foto?

Tapi tunggu dulu! Bagaimana dengan kapasitas gambarnya?

Foto tersebut memiliki dimensi asli yaitu 2848 x 4288 piksel dengan kapasitas 1.158 kb atau sekitar 1,1 MB.

Saya kemudian mengubah ukurannya menjadi 700 x 1054 piksel dengan kapasitas hasil akhir tinggal 82 kb saja.

Foto asli dan yang sudah dikecilkan di Photoscape

Khusus untuk penurunan kapasitas file, ukurannya berkurang sekitar 93% dengan kualitas sebagaimana yang tampak pada gambar pertama diatas.

Bukankah sangat lumayan?

Dengan perbandingan hasil diatas, tentu tujuan utama saya untuk mengubah ukuran foto sekaligus mendapatkan hasil yang tetap berkualitas tercapai dengan baik.

Minimal, hasil diatas membuat saya yakin untuk mengatakan bahwa Photoscape bisa juga anda jadikan editor foto alternatif atau bahkan yang utama untuk kebutuhan tersebut.

Dan tidak hanya 1 foto, saya juga melakukan perubahan ukuran pada gambar lainnya dengan hasil yang juga sangat memuaskan.

Cara merubah ukuran foto di Photoscape

Jika anda tertarik untuk memakai Photoscape, saya tidak akan membiarkan anda mempelajarinya sendiri.

Terkhusus mengenai cara menggunakannya untuk mengecilkan dimensi foto seperti yang saya lakukan, anda bisa mengikuti panduan berikut ini:
  1. Buka Photoscape dan pilih Editor.
  2. Cari lokasi folder gambar yang akan diubah ukurannya lalu pilih foto yang akan diedit.
  3. Klik Resize lalu tentukan metode perubahan ukuran foto sesuai kebutuhan. Disini saya memilih "Adjust width" untuk menyesuaikan ukuran lebar foto. Nanti ukuran tinggi (height) akan menyesuaikan secara otomatis.

    Cara mengubah ukuran lebar foto di Photoscape

  4. Menentukan ukuran lebar gambar sesuai yang diinginkan.

    Cara memasukkan ukuran foto yang diubah di Photoscape

  5. Mulai menyimpan hasil akhir foto yang sudah diubah dimensinya.

    Cara menyimpan gambar di Photoscape
Pastikan bahwa sebelum anda menyimpannya, baik ukuran baru maupun kualitas sudah benar-benar sesuai dengan yang anda butuhkan.

Jika tidak, coba ulangi lagi langkahnya dari awal dengan memilih opsi Undo atau Undo All untuk membatalkan proses pengeditan yang telah dilakukan.

Tertarik untuk mencobanya? Photoscape ini bisa juga untuk membuat foto Polaroid serta banyak efek dan filter foto yang sudah tersedia. Dan semuanya gratis.

Komentar

Baca juga:

Ide Bisnis Jasa Cetak Foto Polaroid Menguntungkan