Cara Bersihkan File 'Sampah' Dengan Disk Cleanup

Pada laptop Windows versi apapun (7, 8, 10), file yang kadang tidak penting untuk disimpan di drive itu tersebar di beberapa folder. Karena gak penting, ya saya sebut saja sebagai file sampah dan dengan itu, bukankah penting untuk dibersihkan?

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Disk Cleanup.

Gak jauh beda dengan tujuan menghapus file temp di Windows sebelumnya, kita akan melakukannya untuk menghemat kapasitas hardisk.

Apalagi jika menggunakan Windows 10 dimana update systemnya sulit dinon-aktifkan sementara sistem tersebut akan menyimpan file backup di folder WinSxS yang biasanya memiliki kapasitas yang cukup besar.

Padahal kadang tidak lagi dibutuhkan untuk melakukan Windows Restore jika hasil update terbaru tidak mengakibatkan permasalahan tertentu.

Cara menghapus file sampah di Windows menggunakan Disk Cleanup

  1. Buka Disk Cleanup dengan melakukan pencarian menggunakan Windows Search.

    Cara mengakses Disk Cleanup di Windows 10

  2. Pilih lokasi drive atau partisi (C:) sebagai lokasi utama tempat file sampah yang akan dibersihkan tersebut berada lalu pilih OK untuk melanjutkan prosesnya.

    Memilih lokasi drive dari file yang akan dihapus

  3. Pilih jenis file yang akan dihapus dengan memberi centang pada kotak yang disedikan lalu pilih Cleanup system files.


    File yang biasanya aman untuk dihapus adalah Temporary Interner Files, Recycle Bin, Temporary files, dan juga Thumbnails. Jika ada file dari WinSxS dan ingin menghapusnya, centang saja Windows Update Cleanup.

  4. Jika muncul opsi yang menanyakan apakah anda yakin untuk memulai proses penghapusan, pilih saja Yes atau Delete. Setelah itu, tunggu prosesnya hingga selesai.
Pada contoh diatas, memang tidak banyak kapasitas file yang bisa dihemat karena hanya menghapus beberapa MB file saja.

Hal ini karena saya seringkali menggunakan CCleaner untuk menghemat kapasitas hardisk. Jadi, file yang hanya bisa dihapus tinggal sedikit.

Untuk tambahan pengetahuan dasar lain dalam rangka melakukan penghapusan file di Windows, saya juga sudah pernah membahas tentang cara menghapus file secara permanen dengan aman. Silahkan dipelajari dan semoga dengan itu, laptop anda bisa semakin banyak memiliki kapasitas yang besar.

Penggunaan Disk Cleanup ini saya sarankan jika di laptop yang anda gunakan tidak memiliki software apapun yang bisa digunakan untuk menghapus file yang tidak begitu penting namun tidak anda ketahui lokasi foldernya.

Jadi jika misalnya tidak menggunakan CCleaner atau program yang mirip, gunakan saja program bawaan Windows yang sudah ada.

Baca juga:

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10