Cara Memakai GSC Untuk Index Artikel

GSC (Google Search Console) adalah tool dari Google untuk menganalisa website atau blog, identifikasi terhadap permasalahan (error) dan langkah perbaikan yang bisa diterapkan termasuk juga untuk membantu dalam mengindex artikel dan lain sebagainya.

Banyak sekali fungsinya terutama bagi blogger dan juga webmaster. Jadi kalau belum mendaftar, sebaiknya jangan menunggu nanti. Lakukan secepatnya.

Lagian, capek-capek menulis artikel SEO, kan sayang kalau telat memasuki dunia persaingan karena belum terindeks.

Dan kali ini, saya akan memberikan panduan bagaimana menggunakannya dalam rangka untuk mempercepat proses index artikel atau halaman apapun selama robot mesin pencari diizinkan untuk itu.

Untuk artikel yang anda baca sekarang ini saja, URL-nya sudah terindeks di Google hanya dalam waktu beberapa menit saja setelah menggunakan tahapan berikut ini.

Cara index artikel menggunakan Google Search Console

  1. Buka Google Search Console. Kalau belum login ke akun Gmail, nanti anda akan diarahkan untuk login terlebih dahulu.
  2. Pilih property blog/situs utama.

    Property blog utama di Google Search Console

    Karena blog saya secara konsisten menggunakan https dan juga www, maka itulah property yang saya pilih.
  3. Tempelkan (Paste) URL artikel lengkap yang akan diindex sesuai dengan property yang anda pilih sebelumnya pada alat Inspeksi URL (URL Inspection) lalu tekan Enter untuk memulai proses.

    Paste URL artikel ke Alat Inspeksi URL

  4. Pilih Uji URL Aktif (Test Live URL) untuk mengetahui apakah ada permasalahan pada URL tersebut atau tidak.

    Cara Test Live URL di Google Search Console

  5. Pilih Minta Pengindeksan (Request Indexing) dan tunggu proses hingga selesai.

    Request Indexing di Google Search Console

  6. Buka Peta Situs (Sitemap) untuk mengupdate-nya dengan mengirimkan ulang Sitemap blog atau situs anda.

    re-submit Sitemap di Google Search Console

Apakah harus re-submit sitemap tiap mempublikasikan artikel baru?

Berdasarkan informasi valid dari Bantuan Google Search mengenai pengelolaan Peta Situs, web yang masih berukuran kecil (memiliki jumlah maksimum 500 halaman), mungkin tidak memerlukan sitemap.

Misalnya jika blog anda baru mempublikasikan total 20 halaman karena masih baru, sepertinya sitemap belum begitu diperlukan.

Terkait: 6 Cara Indeks Artikel di Google Tanpa Inspeksi URL

Tapi yang menarik adalah, meskipun saya sudah menggunakan alat Inspeksi URL seperti tahapan mengindeks artikel diatas tanpa submit ulang sitemap, banyak diantara artikel yang ada justru sangat lama untuk ditemukan di Google.

Bahkan ada yang sampai berbulan-bulan hingga 1 tahun lebih belum juga diindeks.

Sebaliknya, jika saya menggunakan cara diatas sampai selesai termasuk re-submit sitemap, mayoritas URL artikel yang saya kirimkan bisa terindex dengan sangat cepat hingga hanya beberapa menit saja.

Tanpa menggunakan GSC pun artikel di blog akan secara otomatis diindeks secara perlahan. Namun daripada menunggu terlalu lama, lebih baik saya memutuskan untuk berinisiatif saja.

Baca juga: Hanya 1 Hari Blog Saya Diterima Google Adsense

Saya sadar bahwa akan ada pro-kontra akan hal ini. Tapi terserah saja. Bertahun-tahun saya menggunakan proses pengindeksan diatas dan tidak ada masalah apapun. Justru malah sangat membantu.

Itulah uniknya Google. Mau diikuti ya silahkan, tidak juga itu urusan masing-masing. Anda yang akan merasakannya sendiri.

Baca juga:

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10