Dengan Membantu Blogger Lain, Blog Saya Dapat Backlink

Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink berkualitas secara alami.

Gak harus mengakali algoritma Google dengan membangun blog PBN dan beberapa teknik lainnya yang bersifat grey-hat dan juga black-hat.

Salah satu yang pernah saya lakukan adalah membantu permasalahan blogger lainnya secara sukarela. Tanpa diminta dan bahkan tanpa adanya pengetahuan dari pemilik blog bahwa blognya sedang bermasalah.

Jadi ceritanya, ada salah satu blog yang seringkali saya kunjungi bahkan sesekali berkomentar disana.

Suatu waktu ketika saya sedang ingin membaca artikel baru, tampilan blog tersebut bermasalah di laptop yang saya gunakan.

Hal itu sangat mengganggu saya dan kemungkinan juga akan mengganggu pengalaman pembaca lainnya meskipun saya tidak tahu apa yang menjadi penyebab hal itu bisa terjadi.

Sebagai seseorang yang belum bisa membuat template blog sendiri dan tentu belum juga memiliki keahlian seorang web developer, yang bisa saya sampaikan pada pemilik blog adalah blognya bermasalah dan menjelaskan permasalahannya sesuai dengan yang saya alami.

Dan tanpa menunggu lama, saya langsung menuju halaman kontak blog yang disediakan karena disana juga ternyata sudah tersedia formulir pengiriman pesan tanpa saya harus membuka e-mail untuk menghubunginya.

Tak lama kemudian yang sepertinya tidak sampai se-jam, blog tersebut pun akhirnya normal kembali ketika saya melakukan kunjungan ulang.

Beres! Masalah di blog tersebut sepertinya sudah diselesaikan oleh pemiliknya atau timnya sendiri.

Dan entah di hari yang sama atau keesokan harinya, blog tersebut kemudian menerbitkan artikel baru yang saya anggap sebagai apresiasi atas apa yang sudah saya lakukan.

Seperti bisa ditebak, dalam artikelnya, blog saya pun akhirnya dirujuk (mendapatkan backlink) atas bantuan informasi yang sudah saya berikan.

Semudah itu mendapatkan backlink yang bahkan sangat mungkin tidak membutuhkan waktu lebih dari 5 menit untuk menulis pesan.

Blog tersebut memiliki jumlah pembaca yang cukup banyak. Dan dengan itu, selain mendapatkan backlink, blog saya juga sudah pasti berpeluang mendapatkan pengunjung hasil rujukannya melalui link yang ditempatkan.

Keuntungan lainnya, setidaknya nama saya juga disebut dimana hal itu bisa menjadi proses perkenalan saya dan blog saya sendiri dengan para pembaca blog lain.

Baca juga: Cara Mendapatkan Backlink Gratis Dengan Hanya Modal Artikel

Minimal, bisa lah dikatakan bahwa itu juga bisa menjadi bagian dari membangun personal brand seseorang (saya) yang menganggap dirinya sebagai blogger meskipun seringkali saya gak peduli tentang hal tersebut.

Yang jelas, siapa yang tidak senang?!

Tidak ada ruginya saling membantu antara sesama blogger

Tolong-menolong bisa dilakukan pada berbagai ruang kehidupan baik di dunia nyata maupun di dunia digital (maya).

Membantu blogger lain

Blogwalking dan berkomentar di blog lain tidak selamanya harus diniatkan dengan tujuan agar kita bisa mendapatkan pengunjung saja.

Ada manfaat lain terutama sisi tolong-menolong antara sesama manusia yang kita bisa terlibat didalamnya ketika ada isu yang kita temukan terjadi pada blog orang lain.

Dari apa yang saya jelaskan diatas, ketika menemukan permasalahan yang terjadi pada blog orang lain tersebut, saya bisa saja memilih untuk tidak peduli dan pergi begitu saja.

Namun saya bersyukur bahwa saat itu saya memutuskan untuk membantu meskipun sekedar ngasih info tok dan gak lebih.

Dan ternyata, hal itu bisa saja menjadi bantuan terbesar yang pernah diterima orang lain saat itu karena mungkin saja ada juga pembaca lain yang menemukan persoalan yang sama namun memilih untuk diam.

Hasilnya, membantu orang lain tak hanya menguntungkan satu pihak saja karena akhirnya blog saya pun mendapatkan 1 backlink dengan hanya meluangkan waktu yang sangat sebentar.

Bukankah ini akhirnya juga menjadi hasil dari bentuk kerjasama yang sama-sama saling menguntungkan atau biasa kita kenal dengan simbiosis mutualisme?

Apa yang bisa anda lakukan selanjutnya?

Saya tidak bisa menjamin bahwa melakukan hal yang sama sebagaimana yang sudah saya kerjakan akan memberikan hasil yang sama.

Apalagi, tidak semua blog yang anda kunjungi juga akan mengalami permasalahan yang sama.

Akan tetapi, dengan pengetahuan dan pengalaman mengelola blog yang sudah dimiliki hingga saat ini, hal tersebut bisa saja dibutuhkan oleh blogger lain yang belum mengetahuinya.

Misalnya ada salah satu blog pribadi favorit yang sering anda baca dan juga berkomentar disana.

Jika seringkali publikasi artikel blog tersebut disertai dengan beberapa atau bahkan banyak foto, coba analisa kapasitas gambar yang sudah ada.

Caranya adalah simpan belasan atau puluhan foto dari blog tersebut untuk mengetahui berapa masing-masing ukuran file gambar yang ada.

Ingat, ada loh blogger yang foto asli hasil kameranya itu langsung diupload begitu saja ke blog. Tidak salah. Tapi jika masing-masing foto memiliki ukuran 1 MB, maka hal itu bisa dijadikan bahan untuk didiskusikan.

Rekomendasikan bahwa meskipun ia tidak mengetahui cara menggunakan Photoshop, ada cara untuk memperkecil gambar menggunakan Paint di laptop Windows.

Sertakan juga informasi bahwa mengecilkan ukuran gambar tersebut bisa membantu untuk mempercepat loading halaman artikel sehingga pembaca blog akan lebih nyaman dan juga bermanfaat untuk menghemat kapasitas penyimpanan blog (hosting).

Meskipun hal tersebut sangat sederhana, bisa jadi banyak blogger yang belum mengetahuinya terutama kalangan pemula termasuk mereka yang belum lama berkenalan dengan dunia SEO.

Hal ini juga yang membuat saya mempublikasikan cara mengecilkan foto menggunakan GIMP. Supaya ada beberapa opsi yang bisa dipilih pembaca mau menggunakan software apa.

Jadi anda tidak hanya menginformasikan mengenai manfaat memiliki ukuran foto yang lebih kecil dengan tetap mempertahankan kualitasnya, namun juga memberikan alternatif atau solusi untuk melakukannya.

Itu baru bantuan kecil saja yang bisa anda lakukan karena mengoptimasi gambar blog itu bisa dilakukan dengan berbagai cara lainnya.

Hal lain yang bisa anda lakukan juga adalah sebagai berikut:
  • Buat daftar blog-blog favorit yang sering anda kunjungi.
  • Analisa secara singkat blog-blog tersebut mengenai apa yang belum diterapkan dan yang perlu ditingkatkan.
  • Kirim informasi hasil analisis tersebut baik melalui email atau berkomentar di artikel yang relevan terkait dengan persoalan yang anda temukan.
  • Lakukan secara perlahan dan bertahap agar tidak membebani anda karena seolah-olah bekerja untuk mengembangkan blog orang lain.
Itu saja dulu dan kembangkan atau sesuaikan sendiri mengenai bantuan seperti apa yang bisa anda berikan.

Sekali lagi, hasil akhirnya belum tentu akan memberikan anda backlink berkualitas dimana blogger lain akan mengapresiasi bantuan anda dan mempublikasikannya di blognya.

Tapi percaya deh!

Banyak orang Indonesia itu termasuk dalam tipe-tipe manusia yang suka sungkan kok kalau sering dibantu hingga akhirnya banyak diantara kita yang juga memutuskan untuk memberikan bantuan baik yang sama (setara) maupun yang lebih.

Jadi misalnya kalaupun anda tidak dapat backlink, coba perhatikan media sosialnya. Bisa jadi, pada akun Facebook blogger yang anda bantu tersebut, sudah ada katakanlah 5 artikel blog anda yang dibagikan disana dimana hal itu belum pernah terjadi sebelumnya.

Jadi jangan membatasi harapan hanya pada backlink saja, ada bentuk bantuan lainnya juga yang bisa menjadi faktor berkembangnya blog anda.

Baca juga:

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10