Trik Buat Email ProtonMail Tanpa Nomor HP

Cara daftar email ProtonMail tanpa nomor HP

Hampir sama dengan kebanyakan penyedia email gratis lainnya, ProtonMail juga kadang meminta pengguna baru untuk memasukkan nomor hp ketika melakukan pendaftaran ataupun ketika login untuk kedua kalinya dan seterusnya. Kalau gak dimasukkan, kadang gak bisa login lagi meskipun email dan passwordnya sudah benar karena meminta anda untuk memasukkan nomor atau perintah lainnya.

Tapi kali ini, saya akan mengajarkan trik bagaimana melakukan pendaftaran di ProtonMail tanpa nomor hp sama sekali.

Dan trik yang akan saya bagikan ini sangat disarankan untuk diaplikasikan ketika pertama kali membuat akun email dari ProtonMail. Bukan untuk akun yang sudah dibuat sebelumnya tapi benar-benar akun baru.

Trik membuat akun ProtonMail TANPA nomor HP

Untuk cara mendaftar akun email baru di ProtonMail tanpa harus mengisi nomor namun akunnya bisa tetap aktif, triknya adalah:

"Masukkan Recovery Email atau email pemulihan ketika membuat akun baru!"

Awalnya terdengar sepele. Bahkan, formulir pendaftaran asli dari ProtonMail sendiri menampilkan informasi kepada pengguna bahwa pengisian email alternatif ini sifatnya Optional.

Mengisi Recovery Email akun ProtonMail baru

Artinya, diisi atau tidak, tidak apa-apa karena ProtonMail memang tidak mewajibkannya.

Recovery Email ini juga biasa dianggap sebagai email alternatif. Salah satu fungsinya adalah untuk membantu dalam melakukan reset password.

Misalnya, nomor hp yang didaftarkan hilang, maka jika lupa kata sandi akun, kita masih bisa memulihkannya melalui email alternatif tersebut.

Ada 2 hal menarik yang saya alami berkaitan dengan pendaftaran akun ProtonMail baik memasukkan atau tidak email pemulihan ini yaitu:

  1. Jika mendaftar akun baru tanpa mengisi email alternatif, ketika akun sudah logout (keluar) dan ingin login kembali, kadang sering ditanyakan untuk memasukkan nomor hp atau recovery email. Jika tidak ada, biasanya tidak bisa masuk ke akun meskipun baru beberapa detik atau menit yang lalu logout.
  2. Jika recovery email dimasukkan sejak awal pendaftaran di ProtonMail, biasanya saya akan bisa login ke akun tanpa ada kendala apapun.
Metode pendaftaran dengan memasukkan email alternatif ini sudah saya lakukan mungkin hampir setahun lebih.

Ada juga akun-akun email yang baru berusia beberapa bulan dan sampai hari ini masih bisa digunakan dengan baik (masih aktif).

Modalnya hanya satu saja, yaitu mendaftarkan akun email pemulihan. Itu doank!

Mengenai email alternatif apa yang bisa anda gunakan, silahkan saja masukkan akun Gmail atau Outlook.

Jika anda misalnya belum berhasil mendaftar di Gmail tanpa nomor hp di laptop, coba saja mendaftar melalui hp.

Tapi misalnya anda tidak ingin menggunakan Gmail, saya sudah mempublikasikan juga mengenai trik mendaftar email Outlook tanpa nomor hp sebelumnya. Jadi tinggal dihubungkan saja kedua akun email tersebut.

Bahkan biasanya, saya melakukan pendaftaran akun Outlook dan ProtonMail ini secara bersamaan menggunakan 2 tab browser dan itu tidak masalah sama sekali sejauh yang pernah saya praktekkan.

Jadi bagi blogger ataupun internet marketer yang ingin ternak akun email, silahkan digunakan dengan baik.

Contoh paling nyatanya hasil ternak akun ini adalah misalnya membuat banyak akun Pinterest.

Di Pinterest ini, mendaftar akun baru tidak wajib menggunakan Gmail saja karena memakai akun Outlook dan juga ProtonMail sangat memungkinkan saat tulisan ini saya buat.

Sebab Pinterest sendiri memang mendukung beberapa atau mungkin banyak akun penyedia email gratisan lainnya termasuk apa yang saya sebutkan diatas.

Jika informasi ini bermanfaat, harap bagikan artikel ini agar saya makin semangat membagikan trik-trik lainnya. Terima kasih.

Baca juga:

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10