Trik Daftar Email Outlook Tanpa Nomor HP

Satu kata: Berhasil! Jadi, cara daftar email Outlook tanpa nomor hp ini saya dapatkan dari salah satu channel yang ada di YouTube dan sudah pernah saya praktekkan. Silahkan ditonton langsung videonya jika apa yang akan saya tuliskan mungkin kurang lengkap. Mau baca-baca (versi teks+gambar) juga sudah saya sediakan.

Kenapa trik ini harus diketahui?

Biasanya, penyedia email terutama Gmail, Outlook, ProtonMail, Yahoo, dan lain sebagainya itu membatasi berapa kali satu nomor hp bisa digunakan untuk mendaftar.

Ilustrasinya begini. Ketika satu nomor hp yang sama digunakan untuk membuat email sebanyak misalnya 5 kali atau lebih, pendaftaran selanjutnya umumnya akan ada peringatan bahwa nomor tersebut sudah tidak bisa lagi digunakan.

Masa mau beli nomor hp lagi dimana hal itu tentu butuh dana minimal belasan ribu Rupiah untuk 1 nomor baru!?!? Repot karena harus buka casing hp untuk ganti nomor dan juga makan biaya.

Baca juga: 6 Trik Rahasia Daftar Gmail Tanpa Nomor HP

Dan perlu diketahui, jika ada yang bertanya untuk apa memiliki banyak akun email, maka salah satu jawabannya adalah untuk keperluan 'ternak akun.' Misalnya saya yang membuat beberapa akun Pinterest untuk keperluan optimasi blog utama yang dimonetisasi.

Trik daftar email Outlook tanpa nomor HP

Cara daftar akun Outlook tanpa nomor hp

Metode ini berhasil saya terapkan pada penyedia email Outlook baik yang menggunakan domain @outlook.com maupun @hotmail.com karena Outlook memberikan opsi kedua domain tersebut.

Tanpa berlama-lama, yuk ikuti tahapannya berikut ini.

1. Lakukan pendaftaran email Outlook seperti biasa hingga bisa login

Proses pendaftaran email Outlook-nya biasa saja, jadi sepertinya tidak perlu saya jelaskan dari awal. Dan saat proses tersebut, biasanya akun kita akan berhasil login ke email secara otomatis sehingga kita bisa mengirim pesan, membaca email masuk dan lain sebagainya.

Nah, saat sudah login seperti itu, jangan dulu keluar (logout).

Trik lainnya: Cara Daftar Email ProtonMail Tanpa Nomor HP

Sebab, saat logout dan masuk kembali, biasanya kita akan dihadapkan pada sistem verifikasi dimana seringkali mewajibkan kita memasukkan nomor hp, email alternatif dan sebagainya.

Jadi pastikan tetap login saat proses pembuatan akun baru sudah selesai.

2. Buka pengaturan profil

Setelah berhasil login, klik pada ikon pengaturan profil (biasanya pada kanan-atas) lalu klik My Profile.

Membuka pengaturan profil akun Outlook

Nanti akan diarahkan pada halaman pengaturan profil kita. Disini, kita nanti akan memilih menu Security lalu setelah terbuka, klik Update my info.

3. Memasukkan email alternatif

Setelah itu, pada opsi What security info would you like to add? (Informasi keamanan apa yang ingin anda tambahkan?) pilih An alternate email address lalu ketikkan email alternatif lain pada kotak dibawahnya.

Email alternatif agar akun Outlook tidak menanyakan nomor hp

Pada tahap ini, sistem informasi keamanan yang ingin ditambahkan inilah poin pentingnya agar email Outlook yang baru dibuat tidak lagi menanyakan sistem verifikasi melalui nomor hp. Jadi pastikan yang dipilih adalah email alternatif seperti contoh diatas.

Setelah itu, klik Next untuk melanjutkan.

4. Copy-Paste kode keamanan

Pada tahap ke-4 ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu:

  1. Login ke email alternatif yang baru saja didaftarkan lalu copy kode keamanan (Security code) yang ada (biasanya ada 4 angka) kemudian paste di halaman pengaturan Outlook yang masih terbuka lalu klik Next.
  2. Pada halaman Verify your identity, klik pada kotak email alternatif yang ditampilkan.

    Verifikasi identitas akun outlook dengan email alternatif

    Setelah itu, masukkan kembali email alternatifnya lalu klik Send code.
  3. Buka kembali Inbox pada email alternatif lalu periksa pesan baru dari Microsoft account team dimana akan ada kode keamanan baru yang biasanya lebih dari 4 angka (kurang lebih 7 angka). Copy kode tersebut lalu paste ke pengaturan Outlook yang masih terbuka. Jika sudah, klik Verify.
Pada tahap ini, kita akan melihat bahwa pengaturan keamanan (Security settings) akun akan menampilkan bahwa profil akun kita sudah berhasil menambahkan email alternatif.

Sistem verifikasi pengaturan email Outlook berhasil
Dari sini, biasanya akun Outlook baru tersebut tidak akan lagi menanyakan nomor hp ketika login untuk kesekian kalinya.

5. Logout dan Login kembali

Untuk memastikan bahwa akun Outlook yang baru saja didaftarkan tidak akan lagi menanyakan verifikasi nomor hp, silahkan lakukan logout (keluar dari akun) kemudian login (masuk) kembali.

Se-pengalaman saya, selama email dan passwordnya benar, maka email Outlook yang baru saja dibuat tadi baik menggunakan domain @outlook.com maupun @hotmail.com tidak akan lagi menanyakan nomor hp.

Oh ya, untuk email alternatif, silahkan gunakan penyedia email lainnya juga selain Gmail. Misalnya ProtonMail dan lain-lain yang tidak pernah (jarang) menanyakan nomor hp.

Baca ini:
Semoga trik mendaftar email Outlook ini bermanfaat dan silahkan share untuk membantu teman lainnya. Terima kasih.

Baca juga:

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10